Salin Artikel

Adu Mesin BR-V Terbaru dengan Xpander Cross, Siapa yang Menang?

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor telah meluncurkan BR-V generasi baru pada Selasa, 21 September 2021. Meski sudah dikenalkan, belum semua data teknisnya diungkap.

Salah satu yang sudah kami peroleh adalah soal mesin, di mana Low SUV ini menggunakan dapur pacu L15ZF berkapasitas 1.500 cc DOHC i-VTEC.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS atau setara 119 tk dan torsi maksimal 145 Nm.

Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan, dan disalurkan melalui penggerak roda depan.

“Antara City Hatchback dengan BR-V, tenaga dan torsi maksimumnya sama, tidak berbeda,” ujar Yoshihiko Eguchi, Product Planning and Development Senior Manager Honda R&D Asia Pacific, dalam konferensi virtual (21/9/2021).

Menarik untuk membandingkan tenaga mesin BR-V dengan Mitsubishi Xpander Cross yang berada di kelas yang sama.

Di atas kertas, Low SUV Mitsubishi dibekali mesin 4A91 1.500 cc MIVEC DOHC 16 Valve bertenaga 105 ps atau setara 104 tk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin tersebut menyalurkan tenaga melalui transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5 percepatan ke dua roda depannya.

Dari konstruksi mesin dan penggerak, berarti BR-V terbaru dan Xpander Cross sama-sama mengusung melintang atau transverse engine dengan penggerak roda depan.

Secara tenaga, Xpander Cross jelas kalah dibandingkan BR-V terbaru. Namun sebagai Low SUV, tidak semua konsumen menitik beratkan performa pada prioritasnya.

Salah satu data teknis yang kami dapatkan pada peluncuran BR-V kemarin, selain spek mesin, juga ground clearance atau jarak terendah dari bodi ke tanah.

Di mana BR-V terbaru rupanya memiliki ground clearance 220 mm. Sedangkan Xpander Cross dengan 225 mm, yang tentu lebih fleksibel ketika dibawa kontur jalanan yang rusak.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/22/180100015/adu-mesin-br-v-terbaru-dengan-xpander-cross-siapa-yang-menang-

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.