Salin Artikel

Bertenaga Buas, Ini Aspek yang Spesial dari Audi RS 4 Avant

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Mataram Motor, agen pemegang merek Audi di Tanah Air resmi memperkenalkan The New Audi RS 4 sebagai station wagon dengan tenaga terbuas sekaligus bertampang sporty pada jajaran produknya saat ini.

Bagaimana tidak, pada dapur pacunya mobil ditenagai mesin V6 2,9 liter yang mampu merilis tenaga 450 PS dan torsi maksimum 600 Nm. Sehingga performa kendaraan terkait tak diragukan lagi untuk memuaskan hasrat pecinta otomotif.

Tidak sampai di sana, nuansa interior yang serba gelap pun memberikan kesan tersendiri. Terlebih, didukung dengan hadirnya berbagai fitur yang mendukung sensasi berkendara menyenangkan.

Meski demikian, RS 4 Avant akan tetap memberikan kepraktisan selayaknya mobil keluarga atau harian, sebagaimana dikatakan oleh President Director PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri.

“Mengombinasikan nilai-nilai yang ada pada sebuah mobil sport dengan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari menjadi salah satu ide berbeda yang ditawarkan oleh The New Audi RS 4 Avant," katanya, Senin (20/9/2021).

"Mobil ini menjadi salah satu konsep terbaik yang menjadi ciri khas Audi selama 25 tahun terakhir,” lanjut Andrew.

Eksterior

Lebih rinci, bagian RS 4 Avant mendapat perubahan desain yang cukup dalam atau signifikan dibandingkan varian biasanya.

Baik dari grill Singleframe yang lebi lebar dan rata, model grill dengan struktur sarang lebih 3-dimensi berbalut warna hitam gloss, sampai bentuk lampu depannya.

Lalu, bagian fender depan dan belakang mobil lebih lebar 30 mm dibandingkan dengan Audi A4 Avant sehingga menimbulkan kesan yang lebih ceper sekaligus panjang.

Aksen berbalut warna hitam pada ambang jendela, bingkai kaca depan dan belakang, rumah kaca spion berbalut aksen karbon serta roof-rail hitam membuat tampilannya semakin sporty.

Spoiler di atas kaca belakang serta diffuser yang diapit dua pipa pembuangan juga semakin mempertegas tampilannya.

Pada bagian kaki-kaki, khusus pasar Indonesia RS 4 Avant hadir dengan pelek forged alloy 10-spoke 19 inci dengan balutan ban berprofil 265/35 R19. Bagi pemilik yang ingin menggantinya dimungkinkan dengan tiga pilihan.

Yaitu, pelek forged alloy 5-Arm flag style berwarna Glossy Anthracite Black berukuran 20 inci, pelek fully milled alloy 5-arm peak style Matte Bronze ukuran 20 inci, pelek fully milled alloy 5-arm peak style Matte Bronze ukuran 20 inci, dan pelek forged alloy 5-arm flag style 20 inci.

Interior

Di bagian dalam, desain interior RS 4 Avant menawarkan nuansa kental atas mobil sporty dengan warna hitam dan garis-garis horizontal di sekitar dasbor sampai panel instrument.

Pada balik lingkar kemudinya terdapat tuas paddle shift yang kini semakin besar sehingga menambah sensasi mengemudi. Lalu untuk jok, telah disediakan juga desain khas dengan pola sarang lebah dan emboss logo RS.

Bagian tengah dasbor, ada layar sentuh MMI berukuran 10,1 inci yang memiliki sistem operasi terbaru. Sudut kemiringannya mengarah ke pengemudi yang membuatnya lebih driver oriented.

Melalui panel tersebut, hampir seluruh informasi pada mobil tersaji mulai dari tekanan ban, torsi, output daya, suhu oli mesin, sampai pengukuran akselerasi dan g-force.

Untuk memilih gaya pengemudian sporty yang sesuai dengan karakter The New Audi RS 4 Avant, pengemudi dapat memilih dua mode RS1 dan RS2 yang telah diatur melalui Audi drive select hanya dengan menekan tombol “RS MODE” yang ada pada bagian bawah lingkat kemudi flat-bottomed.

Tombol ini akan secara otomatis membuka layar khusus RS pada tampilan Audi Virtual Cockpit Plus.

Guna menambah kesan premium, perseroan juga memungkinkan para pemilik atau pembeli RS 4 Avant untuk melakukan kostumisasi seperti menambah sentuhan warna merah di tepi sabuk keselamatan, karpet hitam dengan jahitan crescendo red dan armrest, sampai tempat duduk sisi dengan berwarna Tango Red.

Tidak sampai di sana, ada juga paket styling RS warna grey yang mendapatkan karpet hitam dengan aksen jahitan warna rock grey dan armrest di bagian pintu yang juga berlapis kulit Nappa.

Konsumen juga memungkinkan mengganti aksen standar di dalam kabin dari 'alumunium race anthracite' menjadi carbon twill atau black piano lacquer yang ekslusif seraya menambah nuansa sporty.

Dapur Pacu

Audi RS 4 Avant dibekali mesin berbahan bakar bensin V6 2,9 liter TFSI Twin-Turbo yang mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 450 PS dan torsi maksimum 600 Nm.

Torsi itu diraih mulai putaran mesin 1.900 sampai 5.00 rpm. Sehingga, membuat mobil mampu berakselerasi dari kondisi diam ke 100 kpj hanya dalam 4,1 detik saja.

Kurang buas? Konsumen dapat melakukan peningkatan performa dengan paket dinamik RS yang membuat kecepatan maksimum mobil menjadi 280 kpj dari 250 kpj.

Tenaga itu disalurkan ke sistem penggerak empat roda permanen atau quattro dengan transmisi otomatis 8-percepatan tiptronic. Dalam kondisi pengendaraan sehari-hari, tenaga yang didistribusikan oleh centre differential secara mekanikal 60 persen ke roda belakang dan 40 persen ke roda depan.

Jika salah satu poros terdeteksi mengalami selip, maka sebagian besar tenaga akan dialihkan secara otomatis ke poros lainnya, hingga 70 persen ke poros depan atau 85 persen ke poros belakang melalui sistem kendali elektronik (ESC) dan kontrol traksi.

Berdasarkan klaim perseroan, penggunaan mesin baru yang lebih ringan ini dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar 17 persen lebih efisien dari model sebelumnya, 10,8 kilometer per liter (9,2 liter per 100 km) dengan emisi CO2 mencapai 211 gram per kilometer.

Selain itu, Audi RS 4 Avant juga memiliki mode berkendara lainnya, yakni comfort, auto, dan dynamic. Sistem Audi drive select ini akan mempengaruhi kinerja mesin dan manajemen transmisi, power steering, suspensi, sistem kemudi dinamis, sistem diferential sport quattro, suara mesin, dan karakteristik AC otomatis.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/20/185843015/bertenaga-buas-ini-aspek-yang-spesial-dari-audi-rs-4-avant

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.