Salin Artikel

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Bertemu Bus Ngeblong

JAKARTA, KOMPAS.com – Aksi bus ngeblong atau menyalip dengan cara mengambil jalur orang lain memang sering terjadi di Indonesia. Bus ngeblong biasanya dilakukan karena pengemudi mengejar waktu agar tidak terlambat.

Salah satu video yang diunggah akun dashcam Indonesia di Instagram, memperlihatkan aksi bus ngeblong di daerah Tulungagung. Mobil perekam harus mengambil bahu jalan agar terhindar dari bus yang menyalip dalam kecepatan tinggi.

Menanggapi video tersebut, Marceel Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan, langkah yang dilakukan pengemudi di video sudah benar, memang harus mengalah.

“Mau enggak mau harus kasih jalan, daripada adu kambing,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (18/9/2021).

Walau kadang mobil bisa terperosok ke lubang ketika menepi, itu semua lebih baik daripada harus adu kambing dengan bus. Bus punya bodi yang besar, sehingga saat menabraknya bisa ringsek bahkan kehilangan nyawa.

“Saat mengemudi dan menghadapi kondisi emergency, kita harus memilij risiko mana yang paling kecil,” kata Marcell.

Jadi jika bertemu bus yang ngeblong, segera perhatikan bahu jalan dan arahkan mobil ke sana. Pastikan ketika mengemudi, perhatikan bahu jalan, apakah ada tempat aman yang bisa dipilih ketika harus menepi karena berpapasan dengan bus ngeblong.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/18/142200815/ini-yang-harus-dilakukan-ketika-bertemu-bus-ngeblong

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.