Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Krisis Cip, Hyundai Tetap Kejar Produksi di Indonesia Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memastikan kalau target proses produksi mobil di dalam negeri melalui pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, masih bertahan alias tidak berubah.

Pasalnya, selama proses pembangunan pabrik pihak perseroan terus lakukan pembaruan informasi secara global maupun nasional, dan mempersiapkan beragam hal supaya tepat sasaran.

Termasuk mengenai krisis kelangkaan cip semikonduktor yang terjadi di seluruh dunia serta menggoncang industri otomotif global kini.

"Memang kita ketahui, seluruh pabrikan otomotif sedang mengalami kejadian serupa yaitu krisis cip. Ini bahkan menyebar ke industri lainnya yang memakai komponen serupa seperti handphone," ujar Chief Operating Officer HMID Makmur saat ditemui, Kamis (3/9/2021).

"Dari Hyundai sendiri, kondisi tersebut tidak begitu berpengaruh karena ada hitung-hitungannya. Jadi, target kita di Indonesia belum ada perubahan (soal pabrik dan produksi)," lanjut dia.

Adapun target yang dimaksud ialah penyelesaian pembangunan pabrik pada akhir tahun ini, dilanjutkan dengan produksi perdana. Saat ini, progress-nya diklaim sudah mencapai 95 persen.

"Kita akhir tahun sudah ada rencana untuk start production. Sekarang, kita sudah masuk dalam trial persiapan semuanya," ucap Makmur.

Memanfaatkan lahan seluas 77 hektare, pembangunan pabrik tersebut ialah salah satu bukti komitmen Hyundai untuk menggarap pasar Indonesia yang melalui pemanfaatan investasi sebesar 1.154 miliar dollar AS.

Bila pabrik telah terbangun di Indonesia, merek otomotif asal Korea Selatan ini dapat memproduksi kendaraan listrik hingga 250.000 unit tiap tahunnya.

"Untuk produk yang akan dibangun, kita belum bisa katakan secara rinci. Tapi, dalam memproduksi suatu tipe ada analisanya berapa minimum kuantitas yang diperlukan, pasar, dan lain sebagainya," kata Makmur.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/03/082200715/krisis-cip-hyundai-tetap-kejar-produksi-di-indonesia-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke