Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Bus Lindas Motor, Ini Risiko Menempel Kendaraan Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Video kecelakaan melibatkan bus dan sepeda motor viral di media sosial. Terlihat bus yang usai menyalip akhirnya melindas motor yang jatuh ke kanan di depannya.

Berdasarkan keterangan video yang diunggah akun Polantas Indonesia, awalnya bus mendahului kendaraan di depannya, yang dilakukan dalam marka garis lurus dan jalan menikung.

Usai menyalip, dari arah berlawanan ada truk. Truk mengerem, pengendara motor di belakang truk kemudian menabrak truk dan jatuh ke kanan, hingga terlindas bus dari arah berlawanan. 

Dari sisi pengendara motor, melihat dari video, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, menyimpulkan ada dua kemungkinan yang bisa terjadi pada pengendara motor nahas tersebut.

"Kemungkinan pertama yang terjadi sebelum motor tersebut jatuh adalah si pengendara tidak konsentrasi dan terlalu dekat dengan truk yang berada di depannya," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (1/9/2021).

"Sehingga ketika truk mengurangi kecepatan tiba-tiba maka pengendara motor tidak siap sehingga menabrak bagian belakang truk dan terjatuh," katanya.

"Kemungkinan kedua pengendara motor ingin mendahului truk yang berada di depannya namun karena jarak yang terlalu dekat dan tidak tepat dalam mengoperasikan pengereman maka ban depan menjadi slip dan motor terjatuh," kata Agus.

Instruktur berkendara kawakan ini mengatakan, agar kejadian serupa tidak terjadi, Agus mengingatkan kembali pentingnya fokus dalam berkendara, dan tidak terlalu menempel kendaraan besar.

"Ketika kita mengendarai motor pastikan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan terutama kendaraan besar karena pandangan kita sangat terbatas. Sehingga ketika kendaraan di depan melakukan pengereman dengan tiba-tiba maka kita bisa segera mengantisipasi dengan melakukan pengereman yang aman," kata Agus.

Kedua, pastikan pandangan dapat melihat area depan kendaraan jadi jangan berada tepat di belakang truk. Tujuannya agar dapat memprediksi setiap potensi bahaya yang akan terjadi saat berkendara.

"Jika ingin mendahului kendaraan di depan kita pastikan juga area dari arah berlawanan di depan kendaraan yang akan kita dahului dalam keadaan aman," katanya.

"Dan jangan mendahului pada kondisi jalan menikung karena pandangan kita dalam berkendara menjadi terbatas," ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/01/154100115/video-bus-lindas-motor-ini-risiko-menempel-kendaraan-besar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke