Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Bodi Bus New Patriot Buatan Morodadi Prima, Kental Gaya Eropa

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Morodadi Prima merupakan salah satu produsen bodi bus tertua di Malang, Jawa Timur. Karoseri ini mulai membuat bodi untuk kendaraan sejak 1964 dan bertahan hingga saat ini. Karoseri ini juga terkenal akan kualitas bodinya yang kokoh.

Morodadi Prima juga terkenal akan line up bodi bus besarnya yang bergaya Eropa. Misalnya seperti bodi New Patriot yang diperkenalkan pada Desember 2019, tampilannya sangat khas, terinspirasi dari Daimler Setra.

Berbeda dari bus besar lainnya, tampilan muka dari New Patriot terasa sangat elegan. Dilihat dari model headlamp-nya yang tidak menyipit serta lampu seinnya yang terpisah, terlihat seperti alis dan mata.

Tampilan keseluruhan bodi juga sederhana, tidak banyak sudut-sudut tajam yang terkesan agresif. Beralih ke bagian belakang, lampu kombinasi juga dibuat menyerupai milik Setra, menggunakan mika smoked yang memberi kesan elegan.

Marketing karoseri Morodadi Prima Donny Cahyadi mengatakan, sejak diluncurkan, baru ada tiga PO bus yang menggunakan bodi ini, pertama ada PO Ramayana, PO Robiah Al Adawiyah Sejahtera, dan PO ANS.

“Untuk yang menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626 seperti milik PO ANS, bagasinya bisa memuat motor,” ucap Donny kepada Kompas.com, Rabu (18/8/2021).

Selain itu, New Patriot ini juga mengadopsi model double glass yang saat ini sedang tren di Indonesia. Uniknya, pilar pemisah antara kaca atas dan bawah (sekat) dibuat begitu tipis, sehingga tidak terlalu mengganggu pandangan penumpang ke arah depan.

Belum lama ini juga PO ANS memesan New Patriot dengan model single glass, sehingga tidak ada sekat di bagian depannya. Tentu hal ini sangat disukai oleh para pencinta bus, karena bisa leluasa melihat pemandangan selama perjalanan.

Selain kaca, ada juga perbedaan lain di bagian selendang samping, gril mesin yang ada di belakang, dan lampu kombinasi belakang. Semoga bodi bus ini semakin banyak digunakan oleh operator lain sehingga pilihan bus di jalan raya menjadi beragam.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/19/100200815/mengenal-bodi-bus-new-patriot-buatan-morodadi-prima-kental-gaya-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke