Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Mobil Konstan di Jalur Kanan Tol, Bikin Gemes

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan pengemudi mobil yang terus berada di jalur kanan jalan tol, meski ada pengemudi lain di belakangnya yang ingin menyusul.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Dashcam Owners Indonesia, terlihat pengemudi mobil terus berada di sisi kanan meski berjalan pelan, serta tidak mau pindah jalur memberi jalan.

"Pengguna Jalur Kanan yg tidak mau minggir. Masih aja ada yg seperti ini, sudah di kasih lampu dim tetep aja ga mau minggir,begitu disalip dia marah..???????? Lokasi Tol JORR, 11/08/21, Honda HRV F 1294 JC," tulis keterangan video, dikutip Kamis (12/8/2021).

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menjelaskan bahwa jangan berlama-lama berada di jalur paling kanan.

Jalan tol memiliki beberapa jalur berdasarkan keperluan dan tingkat kecepatannya. Adapun jalur paling kanan digunakan untuk mendahului kendaraan di depan.

Kejadian yang sering terjadi ialah mobil berjalan konstan di jalur paling kanan. Perilaku ini salah, karena idealnya setelah berhasil menyalip seharusnya kembali lagi ke kiri atau jalur tengah.

"Kalau sudah berhasil menyalip, jangan terlalu lama berjalan di lajur kanan agar tidak ada pengguna jalan lain yang menyalip lewat sisi kiri," kata Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sony mengatakan, banyak yang tidak paham bahwa lajur paling kanan hanya untuk mendahului. Selain itu, diam di disi kanan juga berisiko karena masih banyak mobil yang lebih kencang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/12/173428715/video-mobil-konstan-di-jalur-kanan-tol-bikin-gemes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke