Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baru Meluncur, Mobil Listrik Bisa Ngecas Gratis di 2 SPKLU Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempercepat ekosistem kendaraan listrik, bersama PT Pertamina (Persero), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) resmi meluncurkan dua Stasiun Pengisian Kendaran Listrik Umum (SPKLU) secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Dua SPKLU tersebut berada di SPBU Pertamina yang yang berlokasi di wilayah Jakarta, yakni di SPBU Lenteng Agung, dan MT Haryono.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, peresmian SPKLU BPPT dan Pertamina sejalan dengan percepatan kendaraan listrik nasional untuk transportasi jalan. BPPT juga terus memberikan kontribusi untuk mendukung ekosistemnya.

"Berdasarkan kajian Kementerian ESDM, potensi mobil listrik di Indonesia pada 2021 akan mencapai 125.000 unit. Sementara untuk sepeda motor listrik 1,34 juta unit," ucap Hamman dalam peluncuran virtualnya, Kamis (5/8/2021).

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, peluncuran SPKLU dilakukan tak hanya untuk mendukung ekosistem, namun sebagai upaya pengurangan emisi karbon sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai bebas emisi karbon di 2060.

Dengan kehadiran tambahan dua SPKLU yang berada di SPBU Pertamina, diharapkan nantinya bisa mendorong minat masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

Nicke juga mengatakan, untuk sementara waktu, masyarakat pemilik kendaraan listrik khususnya di Jakarta, bisa memanfatkan dua SPKLU terbaru tersebut secara cuma-cuma alias gratis.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi pemilik mobil listrik, sekaligus menunggu perizinan dari SPKLU tersebut.

"Saat ini yang di Lenteng Agung dan MT Haryono masih free. Kami sedang mengurus perizinannya, dan nanti bila sudah selesai akan ditetapkan tarif sesuai yang sudah ditentukan oleh pemerintah," kata Nicke.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/05/171100515/baru-meluncur-mobil-listrik-bisa-ngecas-gratis-di-2-spklu-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke