Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Rumah Saja, Jangan Lupa Cek Kondisi Ban Serep

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat banyak kegiatan, sering kali pemilik mobil melupakan atau bahkan malas mengecek kondisi ban cadangan atau ban serep. Padahal perannya tak bisa dianggap enteng.

Kini saat kondisi pandemi Covid-19 melanda, masyarakat pun diimbau oleh pemerintah untuk tidak keluar rumah selama kurang lebih dua pekan. Artinya, pemilik mobil memiliki lebih banyak waktu untuk mengecek kondisi ban cadangan.

Saat akan mengecek ban serep, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemilik kendaraan. Paling utama adalah tekanan udaranya.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggu Tbk Zulpata Zainal mengatakan, biasanya karena kurang diperhatikan dan sudah lama berdiam lama dibagasi, udara pada ban cadangan bisa berkurang.

“Lebih baik ketika cek kondisi ban serep jangan hanya dengan melihat, tapi dikeluarkan agar lebih teliti. Paling utama ukur tekanan udara, bila kurang jangan tunda untuk segera mengisi kembali agar ideal,” ucap Zulpata saat dihubungi Kompas.com, (22/7/2021).

Zulpata juga menyarankan agar pemilik kendaraan melebihkan tekanan udara pada cadangan ban. Hal ini aman dilakukan guna mencegah bila terjadi penyusutan lantaran jarang digunakan dan lebih lama tersimpan.

“Untuk mengurangi penguapan, ada baiknya pemilik kendaraan mengisi ban cadangan dengan menggunakan nitrogen. Sebab, nitrogen memiliki kandungan oksigen yang lebih rendah dibandingkan udara biasa sehingga sedikit lebih awet,” kata dia.

Pengecekan kedua dengan melihat kondisi permukaan karet dan kerikil atau benda kecil lainnya yang bisa menempel di alur ban.

Apalagi jika sudah terdapat getas, disarankan pemilik kendaraan untuk segera mengambil ancang-ancang membeli ban cadangan baru. Sedangkan bila ada kerikil, bisa dibersihkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ruang penyimpanan ban juga harus diperhatikan kebersihannya, jangan sampai ada cairan yang mungkin bisa merusak permukaan karet, kalau ada yang berada di kolong jangan lupa sesekali dibersihkan karena pasti lebih kotor,” ucap Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/23/101200415/di-rumah-saja-jangan-lupa-cek-kondisi-ban-serep

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke