Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Performa Mobil Listrik MG ZS EV dan Hyundai Kona EV

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak diperkenalkan pada ajang IIMS 2021, MG ZS EV mulai meramaikan pasar mobil listrik yang sudah dihuni Hyundai Kona EV. Kehadiran mobil ini tentu melengkapi pilihan mobil listrik di Tanah Air.

MG ZS EV memang belum meluncur resmi, namun APM-nya telah merilis spesifikasi terkait performanya.

Bahasan di atas kertas, mobil ini dibekali dengan motor listrik permanent magnet synchronous yang bertenaga 105 kw atau setara 141 tk dan torsi 353 Nm.

Tenaga dan torsi tersebut dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis dengan penggerak roda depan.

Untuk menunjang kebutuhan daya listriknya, mobil ini dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 44,5 kWh. Dalam kondisi baterai terisi penuh, MG ZS EV diklaim mampu melaju sejauh 335 km

Adapun untuk pengisian daya, dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi dari 0 hingga 80 persen dengan menggunakan pengisian berarus DC.

Adapun jika menggunakan pengisian normal charging berarus AC, dibutuhkan waktu pengisian lebih lama, yakni 6,5 jam.

Sementara itu, Hyundai Kona EV dibekali motor listrik sinkron bermagnet permanen efisiensi tinggi dengan tenaga sebesar 100 kW atau setara 134 tk dan torsi 395 Nm.

Mobil ini dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 39,3 kWh, dengan jarak tempuh mencapai 345 km (berdasarkan NEDC) dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya penuh.

Untuk diketahui, pengisian daya dari 0-100 persen menggunakan DC charger sekitar 2 jam, sedangkan jika menggunakan portable charger berarus AC butuh waktu hingga 19 jam.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/20/090200515/adu-performa-mobil-listrik-mg-zs-ev-dan-hyundai-kona-ev

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke