Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Pebalap MotoGP yang Kontraknya Putus di Tengah Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, MotoGP dipenuhi berita soal Maverick Vinales yang resmi pisah dengan Yamaha akhir musim ini. Ternyata, tak sedikit pebalap yang nasibnya sama dengan Vinales.

Berikut ini daftar 8 pebalap yang putus kontrak di tengah jalan:

1. Maverick Vinales - Yamaha

Seharusnya, kontraknya baru akan habis pada akhir musim 2022. Namun, Vinales yang frustrasi karena tak kunjung kompetitif dengan YZR-M1 akhirnya memutuskan untuk pisah dengan Yamaha setelah alami balapan terburuk sepanjang karirnya, yakni pada MotoGP Jerman.

2. Johann Zarco - KTM

Kepindahan Zarco ke KTM bukan sepenuhnya salah dirinya. Pebalap asal Perancis ini awalnya dikontrak tim satelit Tech 3. Namun, Tech 3 berganti partner dari Yamaha menjadi KTM. Tidak sampai satu musim, Zarco memutuskan kontraknya. Prestasi terbaiknya hanya finis di urutan ke-10.

3. Jorge Lorenzo - Honda

Juara dunia MotoGP tiga kali ini awalnya langsung dikontrak dua musim oleh Honda. Namun, Lorenzo memutuskan untuk pensiun di tahun pertamanya. Prestasi terbaiknya bersama Honda hanya finis di urutan ke-11.

4. Cal Crutchlow - Ducati

Crutchlow mendapatkan kesempatan pada musim 2014 untuk menggantikan Nicky Hayden. Sayangnya, performanya berbanding terbalik dengan rekan setimnya saat itu, Andrea Dovizioso. Dari kontrak dua musim, hanya satu musim yang dilaluinya dengan prestasi terbaik satu podium di urutan ketiga.

5. Marco Melandri - Ducati

Namun, dirinya juga hanya sanggup bertahan satu musim di pabrikan asal Italia tersebut. Prestasi terbaiknya bersama Ducati adalah finis di posisi kelima.

6. Sam Lowes - Aprilia

Pebalap asal Inggris tersebut hanya bertahan di musim 2017 saja dengan prestasi terbaik finis di urutan ke-13. Lowes lebih banyak terjatuh saat balapan. Tercatat ada delapan dari 18 seri dirinya tak sanggup menyelesaikan balapan.

7. Karel Abraham - Avintia Racing

Abraham yang sejak musim 2011 di MotoGP tidak pernah merasakan kemenangan atau podium di kelas utama ini. Prestasi terbaiknya hanya finis di urutan ketujuh.

8. Tito Rabat - Avintia Racing

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/01/162100215/8-pebalap-motogp-yang-kontraknya-putus-di-tengah-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke