Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alternatif Lampu Mobil dengan Jangkauan Jarak Pandang Lebih Jauh

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu mobil menjadi komponen vital yang tak bisa diabaikan. Fungsinya tak sekadar pelengkap, tapi penunjang visibilitas saat berkendara yang berkaitan dengan keselamatan, terutama ketika malam hari.

Karena itu, bagi pemilik mobil yang ingin melakukan pergantian atau memodifikasi, jangan hanya berpatokan sekadar untuk mengejar gaya atau tampilan, tapi wajib memperhatikan keunggulan lampu yang akan digunakan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan guna memaksimalkan pencahayaan mobil. Mulai dengan mengganti seluruh komponen pada head lamp dengan komponen aftermarket, memodifikasi, atau hanya mengganti bohlamnya saja.

Salah satu alternatifnya bisa mencoba produk anak bangsa yang berkolaborasi dengan Osram Indonesia, yakni Bi-LED Osram CBI x Yoong Motor Indonesia.

Lampu Bi Function Projector LED tersebut dirancang dengan teknologi Cool Blue Intense (CBI Pro) dan German Lighting Expert System.

Menurut Yomin Sugianto, Fonder Yoong Motor Group Indonesia, keunggulan dari produknya adalah bisa menjangkau jarak pandang yang lebih jauh, yakni 300 meter, sehingga meningkatkan visibilitas saat berkendara.

"Proyektor Bi-LED ini juga sudah melalui berbagai tahap pengujian. Sehingga mampu menghasilkan sinar dengan power yang tinggi dan unsur warna kekuningan," ucap Yomin dalam keterangan resminya, Senin (14/6/2021).

Penggunaan lampu tersebut diklaim cocok dengan kondisi jalan di Indonesia yang cenderung gelap di malam hari lantaran kurangnya pencahayaan.

Apalagi masih ada unsur warna kekuningan yang cukup baik untuk memaksimalkan pencahayaan ketika berkendara dalam kondisi hujan. 

Bi-Function projector LED teknisnya merupakan projector LED yang menggunakan dua emitter LED dan dilengkapi cut off. Lampu yang dipasarkan sebesar Rp 4,5 juta tersebut mampu menghasilkan hi-beam dan fungsi rain braker guna memancarkan unsur cahaya berwarna kuning.

Dalam satu paket, produk tersebut sudah berisikan unit projector Bi LED, kabel H4 Kit, adaptor PNP H4, serta garansi selama dua tahun. Bahkan untuk pemasangan juga tidak ribet, cukup plug and play diberbagai tipe mobil. 

"Khusus untuk purnajual sudah termasuk garansi produk dua tahun dan garansi pemasangan satu tahun yang berlaku di semua rekanan Yoong Motor Grup Indonesia," kata Yomin.

Namun perlu diingat, bicara lampu erat kaitannya dengan kelistrikan. Jadi baiknya bila ingin mengganti, pastikan tak hanya produk yang baik, tapi pemasangan juga harus rapih.

Karena bila tidak, ada risiko besar yang harus ditanggung, contoh terjadi hubungan arus pendek atau korsleting. Bila sudah demikian, tak hanya merusak sistem kelistrikan tapi juga bisa menghanguskan mobil.

Parahnya lagi, biasanya pihak asuransi akan menolak klaim bila diketahui adanya modifikasi pada kendaraan atau pun memakai komponen yang tak sesuai standar pabrikan. Karena itu, sebelum mengganti baiknya dipikir dulu risikonya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/15/143100415/alternatif-lampu-mobil-dengan-jangkauan-jarak-pandang-lebih-jauh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke