Salin Artikel

Benarkah Wajib Membunyikan Klakson Saat Melintasi Terowongan

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hendak melewati jembatan atau terowongan pengemudi harus lebih waspada. Bukan tanpa alasan, dari kacamata safety driving ternyata ada alasan kenapa harus berhati-hati.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, luas jalan di area jembatan atau terowongan biasanya lebih sempit.

“Secara visual dan ruang, jembatan dan terowongan itu terbatas. Sehingga pengemudi tidak disarankan menyusul kendaraan lain disitu,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/6/2021).

Selain itu, ada anggapan juga kebiasaann yang mengatakan untuk membunyikan klakson saat melewati jembatan dan terowongan. Perilaku ini bertujuan agar pengemudi bisa lebih waspada.

Namun, Sony mengatakan bahwa anggapan tersebut tidak benar.

“Itu cuma mitos. Kebanyakan mereka yang membunyikan klason di dalam terowongan cuma untuk show off saja, karena suaranya menggema. Pengemudi hanya diminta mematuhi aturan sesuai dengan rambu yang ada,” kata dia.

Sony menambahkan, klakson merupakan alat komunikasi dengan pengguna jalan lain yang hanya digunakan seperlunya saja.

“Memang budaya membunyikan klakson harus dikurangi untuk menciptakan suasana tenang di jalan. Artinya kalau perilaku berkendaranya sudah benar pasti tidak akan ada suara klakson,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/14/092200215/benarkah-wajib-membunyikan-klakson-saat-melintasi-terowongan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.