Salin Artikel

Ganti Semua Ban Bus, Harganya Setara Satu Skutik Bongsor 150 cc

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan moda transportasi yang masih diandalkan sebagian orang di Indonesia. Dimensinya yang besar kemudian diisi dengan banyak penumpang tentu beban yang diangkut cukup besar.

Salah satu komponen yang menahan beban bus ke jalanan adalah ban. Dengan beban yang berat tadi, sudah pasti ban yang digunakan oleh bus berbeda dengan mobil penumpang biasa.

Memiliki ukuran yang besar, kira-kira berapa biaya mengganti ban dari satu unit bus besar yang memiliki enam sampai delapan roda?

Ukuran yang umum digunakan pada ban bus besar adalah 11 R 22.5 tipe radial. Untuk ban dengan ukuran tersebut, harganya mulai dari Rp 3 jutaan sampai paling mahal ada di angka Rp 4 jutaan.

“Sedangkan ada juga tipe low section series dengan ukuran 295/80 R 22.5. Untuk model ini harganya antara Rp 3,5 jutaann sampai Rp 5 jutaan,” ucap Bambang Widjanarko, Tire & Rim Consultant serta Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY kepada Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

Jika dibandingkan, untuk satu ban bus yang paling murah lalu dikalikan enam, hasilnya sekitar Rp 18 jutaan. Sedangkan jika memakai model yang paling mahal, total biaya yang dikeluarkan untuk membeli ban baru mulai dari Rp 30 jutaan.

Harga di atas hanya untuk bus besar dengan jumlah roda enam, sedangkan untuk model tronton yang punya delapan roda, biayanya tentu lebih besar. Siapkan uang mulai dari Rp 24 jutaan sampai Rp 40 jutaan saat mau mengganti ban bus dengan yang baru.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/10/091200215/ganti-semua-ban-bus-harganya-setara-satu-skutik-bongsor-150-cc

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.