Salin Artikel

Kawasaki Awalnya Ingin Kembangkan ZX-4R ketimbang ZX-25R

TOKYO, KOMPAS.com - Pengajuan paten sepeda motor sport Kawasaki terbaru yang ditengarai sebagai Kawasaki ZX-4R telah terungkap beberapa waktu lalu.

Mengutip Motorbeam, dari paten tersebut tersiar kabar bahwa Kawasaki berencana untuk memperkenalkan motor bermesin 400cc 4-silinder yang berasal dari ZX-25R.

Namun, rupanya Kawasaki lebih dulu merencanakan model 400cc 4-silinder ketimbang 250cc 4-silinder. Hanya saja, kemudian seperti diketahui, "Genk Hijau" justru memilih ZX-25R.

Tak disebutkan alasan pasti mengapa Kawasaki lebih memilih melahirkan ZX-25R. Tetapi, disinyalir Kawasaki ingin mengujinya dulu di motor yang lebih kecil.

Dari paten yang bocor terlihat bahwa paten ZX-4R tersebut sebetulnya fokus pada desain fairing dengan saluran udara terintegrasi untuk mengarahkan udara ke mesin.

Aplikasi paten menyatakan bahwa pendinginan tambahan diperlukan karena putaran mesin motor cukup tinggi.

Paten ZX-4R tersebut juga awalnya disinyalir sebagai paten ZX-25Rm, tetapi ternyata bukan. Disangka seperti itu karena modelnya menyerupai motor 250cc dan mesin yang dapat mencapai 17.000 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/02/110200715/kawasaki-awalnya-ingin-kembangkan-zx-4r-ketimbang-zx-25r

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.