Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha SR400 Chopper, Nostalgia Era 1970-an

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, nostalgia ke era '70-an sangat menyenangkan. Pada masa itu, motor-motor chopper yang ada memiliki gaya khas tersendiri.

Bingkel Depan Rumah mengetengahkannya dengan Yamaha SR400 chopper. Gaya yang ditonjolkan pada masa itu adalah painting yang bernuansa glowing, dengan cat yang terlihat wet-look, serta dipadukan dengan aksen aluminium dan chrome.

Erick, builder Bingkel Depan Rumah, menghadirkan kesan vintage era '70-an, dengan melapisinya menggunakan warna orange dan diberi motif api berwarna hitam.

"Berbeda dengan chopper sekarang, yang satu ini tetap menggunakan sepatbor depan dan memanjangkan sedikit fender belakang," ujar Erick, dalam keterangan resminya.

Selain bermaksud untuk menambah estetika, menurut Erick, adanya sepatbor tersebut memang untuk menghindari cipratan air hujan. Sebab, motor ini dibuat juga untuk dikendarai harian.

"Maka itu, suicide shifter disematkan untuk menunjang kenyamanan kala berkendara jauh," kata Erick.

Untuk menampilkan kesan skinny chopper, bagian segitiga atas dan bawah dibuat lebih sempit. Lalu, front end custom dengan diameter as sokbreker 28 inci, serta bottom shock dibuat secara handmade dan di-custom sejajar dengan ban.

Kesan klasik dapat ditemui juga pada rem depan tromol yang sudah dibekali dengan air scoop. Tapi, rem belakang tetap menggunakan cakram untuk mempertahankan aspek keselamatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/04/100200415/yamaha-sr400-chopper-nostalgia-era-1970-an

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke