Salin Artikel

Bus AKAP Mulai Alami Penurunan Penumpang

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah resmi mengeluarkan aturan tentang larangan mudik lebaran tahun 2021 akibat penyebaran virus Covid-19 yang masih belum selesai di Indonesia. Aturan tersebut berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Akibatnya beberapa perusahaan transportasi umum seperti bus mengalami penurunan penumpang. Sebelumnya, mudik lebaran menjadi momentum perusahan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk mendapatkan penumpang dengan jumlah banyak.

Namun semenjak pandemi, terjadi penurunan penumpang yang mengakibatkan beberapa perusahaan otobus merugi. Heri, salah satu kru dari Sumber Group mengaku untuk saat ini jumlah penumpang mengalami penurunan.

"Kalau saat ini memang ada penurunan penumpang, semua bus mengalami. Penurunannya hampir 50 persen sendiri," kata Heri kepada Kompas.com, Kamis (29/4/2021).

Meskipun begitu Heri tetap akan mengoperasikan bus sampai 5 Mei 2021. Sebab, pada 6-17 Mei 2021, pemerintah telah melarang untuk melakukan kegiatan mudik lebaran.

"Ya kita juga harus tetap jalan mau gimana lagi, wong ya butuh makan untuk keluarga. Kita berharap mudik diperbolehkan namun dengan syarat dan protokol kesehatan yang ketat, biar sama-sama enak," ucap Heri.

Sebagai karyawan bus AKAP yang setiap hari berhadapan dengan banyak orang, Heri mengakui ia juga takut akan virus covid-19. Meskipun sebenarnya sudah ada vaksin yang telah diberikan untuk semua karyawan bus tempatnya bekerja.

"Ya siapa yang tidak takut virus, semuanya saya kira juga takut walaupun saya dan kru lainnya sudah divaksin dari perusahaan. Tapi mau bagaimana lagi, kita lebih takut kalau yang di rumah tidak bisa makan," kata Heri.

Hal senada juga diungkapkan oleh Galih, kru bus Mira trayek Solo-Surabaya. Galih mengaku untuk lebaran tahun ini penurunan penumpang lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Wah parah mas, lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Pernah kemarin itu dari Solo sampai Surabaya cuma bawa 5 penumpang," kata Galih kepada Kompas.com, Jumat (30/4/2021).

Sementara itu Danu, kondektur PO Raya rute Solo-Pracimantoro Wonogiri yang ditemui di terminal Tirtonadi Solo juga mengeluhkan tentang sepinya penumpang.

Danu mengatakan sudah 50 menit sejak keberangkatan bus sebelumnya jurusan Wonogiri baru ada 2 penumpang yang naik busnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/30/190100015/bus-akap-mulai-alami-penurunan-penumpang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.