Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Paling Susah Dibobol Maling, Ini Deretan Motor dengan Fitur Keyless

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem keamanan pada sepeda motor sekarang ini semakin canggih. Beberapa motor sudah mengadopsi teknologi smart key atau keyless alias tanpa anak kunci.

Teknologi ini bisa dikatakan masih baru untuk motor dan tergolong fitur premium. Maka itu, tidak semua motot dilengkapi dengan teknologi ini.

Dengan teknologi keyless, pemilik kendaraan tidak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk menyalakan motor. Pemilik kendaraan hanya dibekali remote.

Berikut beberapa deretan motor yang sudah mengadopsi teknologi keyless

1. Honda

Salah satu pabrikan yang sudah menerapkan penggunaan teknologi keyless adalah Honda. Pabrikan berlogo saya mengepak ini sudah mengaplikasikannya pada skuter matik (skutik), seperti Vario 150, PCX 160, dan Forza 250.

Pemilik motor hanya perlu mendekatkan remote untuk bisa memutar kenop sebagai pengganti kunci kontak. Remote juga sudah terintegrasi dengan fitur immobilizer, answer back system, anti theft alarm.

2. Yamaha

Yamaha bisa dibilang sebagai pelopor pengguna keyless pada skutik. Pertama kali teknologi ini diperkenalkan pada Aerox.

Setelah itu, cukup banyak lini skutiknya yang dilengkapi dengan fitur tersebut, seperti Lexi, FreeGo, Nmax, dan Xmax.

Tapi, untuk Lexi tidak semuanya menggunakan keyless. Hanya Lexi dengan tipe S saja yang sudah menggunakan teknologi tanpa anak kunci ini. Termasuk Free Go, yang memiliki fitur keyless hanya pada tipe S dan S ABS.

3. Kawasaki

Tak hanya skutik, motor sport pun juga mengadopsi teknologi keyless. Kawasaki juga sudah menanamkan teknologi ini untuk produknya, yakni Kawasaki Ninja 250 model 2019.

Kawasaki sendiri menyebut teknologi ini dengan nama Kawasaki Intelligent Proximity Activation Start Sytem (KIPASS).

Smart key ini berbentuk kunci FOB dengan ukuran yang cukup kompak. Cara penggunaannya pun cukup meletakkan smart key pada kantong celana pengendara dan kemudian memutar tuas kunci yang terdapat di motor untuk menyalakan mesin Ninja 250.

4. Suzuki

Di kategori motor sport 150 cc, Suzuki jadi yang pertama menggunakan teknologi keyless dan satu-satunya hingga saat ini. Fitur ini terdapat pada Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150.

Mirip dengan teknologi yang diusung pabrikan lain, Suzuki juga masih mengandalkan remote. Anak kunci dibutuhkan hanya untuk membuka tangki bahan bakar dan jok belakang.

Sejauh ini, sistem keamanan smart key atau keyless dinilai paling susah dibobol. Sebab, jika kenop pada motor diputar dengan paksa, justru akan membuatnya rusak dan motor tidak bisa dinyalakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/23/172200315/paling-susah-dibobol-maling-ini-deretan-motor-dengan-fitur-keyless

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke