Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Jaga Ketat Jalur Sumatra Selama Larangan Mudik Lebaran 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri tengah memperketat kesiapan titik-titik penyekatan untuk menghalau pemudik di jalur Sumatra, baik jalan tol maupun arteri pada Kamis (22/4/2021).

Sehingga, menekan potensi aktivitas perpindahan dari suatu wilayah ke wilayah lainnya secara masif atau mudik selama periode lebaran tahun ini guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona.

"Kita melihat kesiapsiagaan anggota dalam rangka larangan mudik ini di pos yang telah digelar, antara lain di jalan tol, arteri, sudah siap semua dari Banten, Lampung, maupun Palembang," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangannya.

"Kesiapsiagaan sudah optimal, tinggal pelaksanaannya. Semuanya saya kira tidak ada celah untuk lolos dari penyekatan,” tambahnya.

Istiono saat mengecek di pelabuhan Bakauheni, Lampung mendapatkan penjelasan dari jajaran Ditlantas Polda Lampung. Istiono menekankan pentingnya pendekatan humanis dalam mengelola peniadaan mudik.

“Yang terpenting kita mengelola keseimbangan antara penyebaran Covid, supaya tidak ada kerumunan yang signifikan seperti apa, ini dinamis, jadi gunakan persuasif dan humanis dikedepankan,” ujarnya.

Selain itu, Istiono meminta adanya gelaran Swab antigen random di tiap wilayah guna mengakomodir masyarakat agar diperiksa kesehatannya.

Terakhir, ia kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tidak melakukan mudik baik sebelum, saat peniadaan mudik, atau sesudahnya karena penyebaran Covid-19 masih ada.

“Masyarakat sudah mendapat pengalaman 1 tahun ini, jadi saya pikir mereka sudah mengerti apa yang terjadi sekarang bahwa Covid-19 menjadi masalah kita semua," ucap Istiono.

"Kita tidak tau berakhirnya kapan, sehingga ini mesti kerjasama dengan masyarakat yang optimal, punya kesadaran sendiri tidak melakukan mudik,” lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/23/130324115/polisi-jaga-ketat-jalur-sumatra-selama-larangan-mudik-lebaran-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke