Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Uno Pastikan Indonesia Gelar MotoGP Mandalika dan Superbike

JAKARTA, KOMPAS.com – Gelaran Superbike dan MotoGP di Mandalika, Lombok, dipastikan terlaksana meski pembangunan sirkuit saat ini masih belum rampung.

Hal ini dipastikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno hadir dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, Minggu (18/4/2021).

Sandi mengatakan, dalam waktu dekat Indonesia telah dijadwalkan untuk menggelar sejumlah event berskala internasional.

Di sektor otomotif, bakal ada balap Superbike pada November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

“Ini akan kita akan bawa ke level rapat terbatas, kita pastikan kesiapan kita,” ujar Sandi, kepada wartawan di Jakarta (18/4/2021).

“Jadi mudah-mudahan ini akan menggeliatkan, karena pemerintah sendiri sudah me-launching Kharisma Event Nusantara yang mendorong penyelenggaraan event di Tanah Air,” kata dia.

Bersama dengan itu, Sandi menggagas wisata berbasis otomotif di sejumlah daerah melalui program Wonderful Ride Indonesia yang diinisiasi Perhimpunan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI).

Sandi juga mengatakan, terdapat korelasi yang kuat antara dunia otomotif dengan pariwisata Indonesia.

"Kita ingin perluas bahwa minat khusus sekarang tumbuh, misalnya di Purworejo dekat Borobudur akan ada MX GP, ini tingkat dunia,” ucap Sandi.

“Terus di Mandalika akan ada MotoGP mestinya Oktober tapi diundur Maret tahun depan, tapi akan ada Superbike yang dilaksanakan pada November," tuturnya.

Selain itu, Kemenparekraf bersama Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) juga mengampanyekan penggunaan kendaraan listrik di berbagai di destinasi.

“Jadi kita bikin wonderful ride Indonesia. Karena memang eksostisme dari destinasi-destinasi yang sangat unik itu hanya bisa dijangkau dengan otomotif, dan mobil listrik, mobil off road yang unik, ini sangat diminati para anggota pelaku pariwisata dan anggota komunitas otomotif," kata Sandi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/19/140200015/sandiaga-uno-pastikan-indonesia-gelar-motogp-mandalika-dan-superbike

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke