Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dalam Waktu Dekat Mobil Terbang EHang 216 Hadir di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Importir umum Prestige Image Motorcars memperkenalkan mobil terbang alias kendaraan udara otonom berpenumpang (AAV) EHang 216 dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.

Mampu terbang hingga 3.000 meter dengan jarak penerbangan mencapai 35 kilometer dalam 21 menit, mobil tersebut direncanakan tiba di dalam negeri pada Juli 2021.

"EHang memiliki tinggi 1,77 meter dan lebar 5,61 meter. Berat muatan maksimumnya 220 kilogram sehingga bisa dioperasikan untuk berbagai kebutuhan," ujar Presiden Direktur Prestige Image Motocars Rudy Salim.

Hanya saja, sampai Jumat (16/4/2021), kendaraan yang menggunakan daya listrik 100 persen ini belum ditampilkan bentuk fisiknya di lantai pameran.

Bagi yang penasaran, baru bisa melihat cuplikan gambar singkat yang berada di booth Prestige Image Motorcars.

Adapun kelebihan EHang 216, melansir laman resminya, dikatakan bisa meminimalisir kegagalan pengoperasian yang disebabkan keselahan manusia.

Proses logistik pun dapat menjadi lebih efisien, meski daya angkut mobil cukup terbatas dibandingkan alat transportasi lainnya seperti truk dan kapal laut.

Pada lembar spesifikasi sendiri, mobil dua penumpang ini punya 16 baling-baling dan 8 lengan yang dapat dilipat sehingga efektif dan menghemat area parkir karena hanya butuh lahan seluas 5 meter persegi.

Mobil menggunakan 4G atau 5G sebagai saluran transmisi nirkabel untuk komunikasi dengan pusat komando dan kendali.

Tanpa perlu mengontrol atau mengoperasikan pesawat, penumpang bisa duduk dan menikmati perjalanan. Rute penerbangan akan disurvei terlebih dahulu untuk mengatur rencana penerbangan terbaik bagi penumpang.

“Era Urban Air Mobility yang kami impikan dari masa depan telah hadir di depan mata kami. Taksi udara bukan hanya gaya hidup, tapi juga cara baru untuk bepergian. Baik untuk keperluan pribadi maupun sektor lainnya seperti pariwisata," kata Rudy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/17/114100415/dalam-waktu-dekat-mobil-terbang-ehang-216-hadir-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke