Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Knalpot Aftermarket yang Dijual Yamaha Bukan untuk Harian

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian sedang giat melakukan razia knalpot sepeda motor bersuara bising. Karena suara yang dihasilkan dianggap mengganggu kenyamanan masyarakat.

Saat ini cukup banyak merek knalpot aftermarket di pasar, baik produk lokal dan impor. Konsumen pun bisa membeli knalpot di diler atau situs resmi agen pemegang merek (APM).

Salah satu pihak yang menjual knalpot aftermarket ialah Yamaha. Hal tersebut dapat dilihat di di Yamaha FSS, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, serta situs resmi Yamaha Indonesia.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, bahwa knalpot yang dijual tersebut bukan untuk harian.

"Knalpot yang kita jual mesti dilihat bahwa itu adalah race use only (hanya untuk ajang balap bukan harian), dan bisa dilihat di website yang dijual itu untuk balap," kata Anton kepada Kompas.com, Sabtu (10/4/2021).

Jika kemudian ada konsumen yang terkena razia dan menggunakan alibi bahwa knalpotnya ialah barang resmi yang dijual Yamaha, maka tetap tidak bisa dijadikan dasar yang kuat.

"Misalkan ada konsumen terkena razia kemudian ini mengatakan ini asli (beli) Yamaha, sebetulnya secara aturan kita menerapkan ini race use only tidak untuk on board biasa," katanya.

Anton juga mengatakan, dan jika konsumen memakai knalpot aftermarket meski barang itu dijual di diler resmi maka akan menggugurkan garansi.

"Sebetulnya di buku panduan sudah jelas bahwa modifikasi akan menggugurkan garansi," kata Anton.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/12/110200215/knalpot-aftermarket-yang-dijual-yamaha-bukan-untuk-harian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke