Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Triumph Bocorkan Desain Purwarupa Motor Listrik TE-1

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan motor listrik diikuti oleh hampir semua pabrikan, termasuk Triumph. Belum lama ini, Triumph membeberkan desain purwarupa atau prototype dari proyek motor listriknya yang diberi nama TE-1.

Dikutip dari Rideapart.com, Rabu (24/3/2021), pertama kali proyek motor listrik ini diumumkan pada Mei 2019. Triumph menggandeng beberapa perusahaan lain dalam pengembangan motor listrik ini.

Williams Advanced Engineering akan menangani baterai dan pengendalinya. Sementara untuk motornya, dipegang oleh Integral Powertrain.

Triumph juga menggandeng Universitas Warwick untuk pengembangan prototype sebelum diuji coba.

Dari desain yang diedarkan, Triumph TE-1 ini lebih terlihat seperti Speed Triple versi elektrik dibandingkan Bonneville.

Bagian paling menarik tentu pada single-sided swingarm yang membuatnya tampak mewah dan sporty.

Integral Powertrain menyebutkan bahwa TE-1 akan dibekali motor yang memiliki tenaga setara dengan 180 tk. Selain bertenaga, bobot motor tersebut juga ringan, hanya 10 kilogram.

Sedangkan Williams Advanced Engineering, belum mau membeberkan soal baterai yang akan digunakan pada motor listrik TE-1 ini.

Tapi, bisa dilihat komponen motor dan baterai sudah menyatu pada sasis prototype, yang sudah termasuk rangka utama dan rangka belakang. Di belakangnya, terlihat Street Triple RS yang kemungkinan besar menjadi basis dari pengembangan TE-1.

Pabrikan asal Inggris tersebut sempat menyebutkan jika semua berjalan sesuai rencana, publik bisa melihat wujud prototype Triumph TE-1 pada akhir 2021 ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/24/152100915/triumph-bocorkan-desain-purwarupa-motor-listrik-te-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke