Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Tampilan Wrangler Rubicon Terbaru, Masih Membawa Warisan Jeep

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah meluncur pertama kali pada akhir 2018, Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dengan kode bodi JL akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia awal 2021.

Secara tampilan mobil ini masih membawa ciri khas yang sudah diusung pada Wrangler dengan kode bodi JK sebelumnya.

Salah satu ciri khas yang dipertahankan adalah sistem penamaan. Unlimited berarti model 4 pintu, sementara Rubicon menandakan varian tertinggi.

Dibandingkan varian Sport ataupun Sahara, Rubicon mengusung desain pelek berbeda. Varian teratas Wrangler ini menggunakan motif two-tone color yang terlihat lebih gagah.

Guna menunjang peruntukannya sebagai mobil jip, pelek tersebut dibalut dengan ban BF Goodrich AT 255/75 R17. Melihat kembangannya, tampak mobil ini memang sudah siap dibawa offroad.

Selain itu perbedaan berikutnya, pada varian Rubicon terdapat guard tambahan di bagian bawah bodi. Piranti ini berfungsi melindungi bodi utama dari benturan saat melewati berbagai obstacle di medan offroad.

Kemudian varian ini juga mengusung lampu depan yang berbeda dari tipe Sport maupun Sahara. Rubicon menggunakan lampu proyektor dengan LED yang menyajikan sorot lampu berwarna putih.

Beranjak ke bagian interior, perbedaan Rubicon dengan varian di bawahnya terdapat pada bahan pelapis.

Jok sudah menggunakan bahan kulit dengan detail jahitan berwarna merah serta emblem Rubicon. Detail jahitan merah juga tampak pada bagian konsol tengah, setir, hingga tuas transmisi.

Sementara bagian dasbor, menggunakan warna yang menyesuaikan dengan warna eksterior. Kebetulan mobil yang kami tes mengusung warna orange, maka dasbor warnanya juga sama.

Menariknya, bahan pelapis jok banyak didominasi material karet. Hal ini tentu bakal menunjang peruntukan Wrangler sebagai mobil segala alam yang tahan banting.

Material karet juga berlanjut pada beberapa tombol-tombol di dasbor serta tuas transmisi. Selain punya daya tahan yang lebih baik, material karet juga memudahkan saat digunakan.

Selebihnya, interior Rubicon identik dengan varian-varian di bawahnya. Namun memang mobil ini tampak mengutamakan fungsi ketimbang fitur-fitur.

Wrangler Rubicon juga masih membawa identitas yang diturunkan sejak Jeep Willys, yakni gril garis-garis-garis vertikal berjumlah tujuh. Serta beberapa detail logo Jeep Willys di pelek, kaca, dan bagian lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/22/182100215/bahas-tampilan-wrangler-rubicon-terbaru-masih-membawa-warisan-jeep

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke