Salin Artikel

Jangan Kaget, Beli Motor Listrik Ternyata Tanpa Buku Servis

Buku servis memuat jadwal kapan baiknya motor melakukan servis. Selain itu juga berguna sebagai buku garansi dengan syarat serta ketentuan yang berlaku.

Tapi rupanya ketika membeli motor listrik, pemilik tidak mendapat buku servis yang secara terang mengatur jadwal servis.

Frengky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo, produsen motor listrik Viar Q1 mengatakan, saat membeli Viar Q1 konsumen mendapat buku pedoman pemakaian.

"Tidak ada (panduan servis), karena memang tidak perlu servis. Hanya ketika pembelian di awal, kita mengedukasi apa yang mesti diperhatikan dan bagian-bagian yang perlu dilumasi," kata Frengky kepada Kompas.com, Kamis (18/3/2021).

Bisa demikian sebab motor listrik berbeda dengan motor konvensional yang membutuhkan servis rutin, mulai dari ganti oli hingga membersihkan filter.

Meski begitu Frengky mengatakan, bukan berarti motor listrik bebas perawatan sama sekali.

"Motor listrik minim perawatan. Bukan tidak ada, tapi minim maintenance," katanya.

Perawatan dan penggantian tetap dilakukan terutama untuk komponen yang bergerak dan habis jika dipakai.

"Untuk bagian-bagian yang sifatnya habis, seperti kampas rem dan ban luar, bisa ganti di bengkel baik resmi atau lainnya," kata Frengky.

Ray Goller, Divisi Custom Gesits Sukses Makmur (GSM) Sub Dealer Gesits Bali Pratama (GBP), mengatakan, servis untuk Gesits paling hanya mengganti kampas rem dan belt.

Sedangkan untuk sistem penggerak seperti motor listrik atau dinamo serta controller dan baterai tidak membutuhkan perawatan khusus.

"Kalau motor listrik dan controller tidak diservis. Malah tidak boleh dibuka-buka karena garansinya akan hangus," katanya.

"Untuk motor listriknya (dinamo) paling kalau ada masalah pada laher baru itu diperbaiki," kata Ray.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/19/080200215/jangan-kaget-beli-motor-listrik-ternyata-tanpa-buku-servis

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.