Salin Artikel

Tips buat Pemilik Nissan Livina yang Ingin Ganti Ban Lebih Besar

SOLO, KOMPAS.com - All New Livina dilengkapi dengan ban standar berukuran 185/65 R15 untuk tipe E dan EL. Sementara VE dan VL dipasang dengan ban standar berukuran 205/55 R16.

Kaki-kaki Livina versi terbaru ini pun masih dapat di-upgrade dengan mengganti ban berukuran lebih besar.

Penggantian ukuran ban bertujuan untuk meningkatkan ground clearance . Selain itu dengan ban yang lebih besar, tampilan mobil low MPV ini jadi lebih gagah.

Saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (16/3/2021), Mika selaku Manajer Cabang Mari Ban Nusukan Solo menjelaskan, bahwa ukuran ban untuk Livina tipe VE dan VL masih dapat ditingkatkan tanpa mengganti pelek standar (OEM).

Namun hal yang sama tidak bisa dilakukan untuk tipe E dan EL. Ini disebabkan untuk Livina dengan pelek 15 inci, ukuran ban 185/65 sudah merupakan batas maksimal.

Jika ingin meningkatkan ukuran ban Livina tipe E dan EL harus disertai penggantian pelek yang lebih besar.

"Untuk Livina dengan pelek 16 inci itu nanti ukuran ban bisa dinaikkan jadi 205/60. Kalau untuk Livina versi pelek 15 inci, ukuran ban sudah maksimal di 185/65," ucap Mika.

"Kalau tetap mau meninggikan kaki-kaki Livina itu, disarankan untuk ganti pelek dari 15 inci jadi 16 inci atau 17 inci," kata Mika lebih lanjut.

Mika menambahkan bila memaksakan penggantian ban ukuran lebih besar untuk Livina dengan pelek 15 inci, posisi ban akan lebih lebar dan keluar dari sisi samping mobil.

Saat dikendarai dan akan berbelok, ban dapat terbentur bagian lain di bawah mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/16/170200315/tips-buat-pemilik-nissan-livina-yang-ingin-ganti-ban-lebih-besar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.