Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Pikap Carry dan Gran Max, Bak Siapa yang Paling Lega?

JAKARTA, KOMPAS.com – Merintis usaha kecil, bisa terbantu dengan adanaya pikap yang murah dan bisa diandalkan. Ada dua pilihan pikap yang ada di pasaran jika mencari dengan mesin bensin di bawah 1.500cc, yakni Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max.

Dua pikap dengan Gross Vehicle Weight di bawah 5 ton ini memang terkenal di kalangan pengusaha. Pertama soal sejarah Carry yang sudah muncul sejak lama dan Gran Max yang hadir untuk melawan dominasi Carry.

Mengingat fungsi dari pikap yaitu membawa barang di bak, berapa perbandingan volume dari bak yang dimiliki dari dua pikap terlaris di Indonesia ini?

Secara model bak yang ditawarkan, Carry memiliki dua pilihan yakni Flat Deck dan Wide Deck yang bisa dibuka dari 3 sisi. Flat Deck sendiri memiliki dimensi bak dengan panjang 2,505m, lebar 1,665m, dan tinggi 0,36m, sehingga volumenya menjadi 1.501,497 liter.

Sedangkan untuk Carry tipe Wide Deck, baknya memiliki panjang yang sama, 2,505m namun punya lebar 1,745m, dan tinggi 0,425m sehingga volumenya menjadi 1.857,77 liter, lebih banyak sekitar 350 liter.

Kemudian untuk Gran Max juga terbagi jadi dua varian bak, standar dan 3 way alias bisa terbuka dari tiga sisi. Untuk tipe standar memiliki dimensi bak dengan panjang 2,35m, lebar 1,585m, dan tinggi 0,3m, sehingga volumenya menjadi 1.117,425 liter.

Sedangkan yang 3 way memiliki panjang dan lebar bak yang sama yakni 2,35m dan 1,585m namun lebih tinggi sedikit, menjadi 0,36m. Untuk varian 3 way ini memiliki volume bak 1.340,91 liter, lebih besar sedikit.

Namun perlu diingat, pikap ini tetap bisa memuat benda yang lebih tinggi dari ketinggian baknya. Hal ini dikarenakan dalam bentuk standar, baik Carry maupun Gran Max masih menggunakan bak terbuka, bukan box tertutup.

Kemudian soal desain mungkin bukan menjadi faktor penting dalam memilih pikap. Untuk Carry, terakhir melakukan penyegaran dengan mengganti bentuk bumper depan dan grilnya.

Sedangkan Gran Max, bentuknya masih sama sejak pertama diperkenalkan. Namun untuk yang terbaru, ada penambahan aksesoris seperti tambahan under guard di bumper depan, protektor di bawah bak serta spion dengan lampu sein LED.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/08/092200515/komparasi-pikap-carry-dan-gran-max-bak-siapa-yang-paling-lega-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke