Salin Artikel

Harga Beda Jauh, Apa Saja Perbedaan Toyota GR Yaris dan TRD Sportivo

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia sebentar lagi akan memperkenalkan Toyota GR Yaris. Kehadiran hot hatch ini sudah terendus sejak namanya tercantum dalam Permendagri No 1 Tahun 2021.

Menariknya lagi, meski belum resmi diluncurkan, ternyata sudah banyak konsumen Indonesia yang mulai memburunya. Bahkan dikabarkan unitnya sudah habis akibat kuota yang terbatas.

Sebelumnya, di Indonesia sendiri sudah meluncur varian sporty dari Toyota Yaris yang dihadirkan untuk konsumen yakni TRD Sportivo.

Meski sama-sama memiliki aura mobil balap, namun ada banyak perbedaan antara satu dengan lainnya, terutama dari segi perbedaan harga yang cukup jauh.

Lantas apa yang membuat Toyota GR Yaris lebih istimewa jika dibandingkan dengan TRD Sportivo? Simak komparasinya.

Eksterior

Jika dilihat secara kasat mata, desain Toyota GR Yaris dan TRD Sportivo jelas berbeda. Toyota GR Yaris hanya mengaplikasikan dua pintu, sementara TRD Sportivo mengusung empat pintu.

Varian TRD Sportivo juga memiliki desain yang lebih panjang yakni panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm.

Sementara GR Yaris tampil dengan desain yang lebih memperhatikan aerodinamikan dengan tingkat kekakuan yang tinggi dan lebih ringkas dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm.

Interior

Meski kedua mobil ini sama-sama berkonfigurasi 5 penumpang, namun aura mobil balap jelas lebih terasa di GR Yaris. Sebab GR Yaris memang dirancang untuk nyaman bermanuver.

Hatchback garapan Toyota Gazoo Racing itu menggunakan warna hitam untuk keseluruhan interiornya. Jok yang digunakan sudah mengadopsi model sport dengan tampilan setir khas balap.

Kemudian pedal gas, rem, dan kopling sudah menggunakan aluminium. Serta terdapat layar TFT 4,2 inci yang bisa memberikan informasi soal distribusi torsi, tekanan turbo, dan informasi lainnya.

Head unit layar sentuh 7 inci juga sudah dibekali di GR Yaris untuk memaksimalkan fitur hiburan.

Sementara jika Anda mencari kabin yang lebih nyaman dan lebih lega Toyota Yaris TRD Sportivo bisa menjadi pilihan yang tepat.

TRD Sportivo ini dibekali dengan ornament interior berwarna silber yang membuat kabin terlihat lebih modern.

Tidak hanya itu, dari segi entertaiment, Yaris TRD Sportivo juga sudah dibekali dengan sistem hiburan baru dengan fitur miracast, bluetooth dan USB, serta kamera parkir terbaru.

Perfoma

Bicara soal mesin, perbedaannya semakin terlihat jelas. Toyota GR Yaris dibekali dengan mesin 1.600 cc 3 silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 261 dk dan torsi puncak 360 Nm.

Hatchback ini mengusung transmisi manual 6 percepatan berteknologi baru dengan penggerak 4WD GR-Four.

Sementara Toyota Yaris TRD Sportivo menggunakan mesin 1.496 cc, dual VVT-i, DOHC, dengan tenaga 107 ps atau setara dengan 105 tk yang mampu menghasilkan torsi maksimal 14,8 kgm atau setara 145 Nm.

Untuk pilihan transmisi, varian TRD Sportivo tersedia dalam dua opsi yakni CVT dan manual 5-percepatan.

Harga

Meski belum resmi diluncurkan di Indonesia. Rumor soal harga GR Yaris kemungkinan dijual di bawah Rp 1 miliar atau kurang lebih di kisaran Rp 800 juta sampai Rp 850 juta.

Sementara Toyota Yaris TRD Sportivo dibanderol dengan harga mulai Rp 284,8 juta – Rp 301,4 juta (OTR Jakarta).

Perbedaan harga tersebut terbilang wajar, karena memang Toyota membuat GR Yaris ini layaknya mobil sport dengan unit yang terbatas.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/23/144100315/harga-beda-jauh-apa-saja-perbedaan-toyota-gr-yaris-dan-trd-sportivo

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.