Salin Artikel

Melihat Mewahnya Bus Klub Sepak Bola Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan kendaraan penumpang yang bisa mengangkut banyak penumpang.

Selain digunakan untuk angkutan dengan trayek, bus juga berfungsi sebagai angkutan pemain sepak bola saat melakukan pertandingan.

Begitu juga yang terjadi di Indonesia, berbagai klub sepak bola menggunakan armada bus untuk mengantarkan pemain dan kru saat tandang ke stadion lawan

Berikut ini Kompas.com kumpulkan beberapa klub sepak bola yang memiliki bus sendiri.

1. Persib Bandung

Bus ini sudah ada sejak tahun 2017 dan menggunakan sasis Hino RN 285 dan dibalut dengan bodi Legacy SR2 HD Prime dari karoseri Laksana.

Bus ini juga dicat dengan warna khas Persib yaitu biru dan ada stiker bertuliskan “PERSIB” serta lambang klub di sisi samping.

Untuk bagian interiornya, kurang lebih sama dengan bus pariwisata pada umumnya. Memakai susunan kursi 2-2 yang dibalut kulit berwarna biru. Hanya saja untuk bus ini dibuat model pintu tengah sehingga terlihat unik.

2. Bali United

Sama seperti Persib Bandung, Bali United juga memercayakan bus klubnya memakai bodi buatan karoseri Laksana.

Bodi Legacy SR2 HD Prime ini dikawinkan dengan sasis Hino RN 285 yang dilengkapi dengan air suspension.

Tampilan eksterior bus milik Bali United ini juga ramai dengan kombinasi warna hitam dan merah. Kemudian liverynya juga menarik, ada tulisan “BALI UNITED” serta lambang klub di sisi samping bus.

Untuk kabinnya, menggunakan susunan kursi 2-2 dengan lambang klub di setiap sandaran kursinya.

3. Sriwijaya FC

Begitu juga dengan Sriwijaya FC yang menggunakan bodi Legacy SR2 HD Prime sama seperti Persib dan Bali United.

Bagian eksterior dominan berwarna kuning dengan kombinasi merah serta ada lambang klub dan jersey pemainnya.

4. Persija Jakarta

Klub dengan julukan Macan Kemayoran ini menggunakan bus buatan Adiputro, tepatnya dengan bodi Jetbus 2+.

Bagian eksteriornya berwarna merah dengan livery yang penuh sampai menutupi jendela. Pada bagian samping ada tulisan “PERSIJA” serta lambang klubnya.

Sebenarnya Persija juga pernah memiliki bus dengan balutan bodi Legacy SR2 HD Prime buatan Laksana.

Namun kabarnya bus tersebut sudah beralih menjadi milik klub Babel United karena mundurnya direktur utama Persija saat itu.

5. Madura United

Sama dengan Persija Jakarta, Madura United juga menggunakan bodi buatan Adiputro. Namun bodi yang digunakan bisa dibilang cukup tua, yaitu Jetbus saat pertama kali keluar.

Bagian eksterior berkelir merah serta livery bertuliskan “MADURA UNITED FC” ada di bagian kaca. Begitu juga ada lambang klub serta maskot klub yang ada di bagian belakang sisi samping bus.

6. Arema Malang

Bagian eksteriornya berkelir hitam dengan aksen emas di bagian selendang dan liverynya.

Bagian livery diisi logo klub Arema serta tulisan “AREMA X MS GLOW FOR MEN” di sisi samping bus. Diketahui bus ini di support oleh PO Juragan 99, sebuah PO bus Pariwisata asal Malang.

7. Persita Tangerang

Klub sepak bola asal Tangerang ini memercayakan bus miliknya ke karoseri Tentrem di Malang.

Bodi yang digunakan adalah Avante H7 dengan sasis Mercedes Benz OH 1526. Bagian eksterior dilabur dengan warna hitam serta livery lambang klub serta tulisan “PERSITA” di bagian samping.

Untuk kabinnya juga sederhana, tidak banyak ubahan. Menggunakan susunan kursi 2-2 dibalut kursi dengan kombinasi warna hitam dan ungu. Kemudian ada toilet juga di kabinnya.

8. Bhayangkara FC

Bhayangkara FC memilih karoseri Morodadi Prima untuk membuat bus klubnya. Model bodi yang digunakan yaitu Gran Tourismo yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626.

Perpaduan warna merah dan jingga di belakang membuat tampilan eksterior bus ini ramai. Tentunya ada juga livery berupa logo klub dan tulisan “Bhayangkara FC “ di sisi samping bus. Untuk kabinnya, menggunakan model kursi 2-2.

9. PSIS Semarang dan PSMS Medan

Kedua klub ini menggunakan bodi Zeppelin G3 buatan karoseri Gunung Mas. Milik PSIS Semarang berkelir biru dan merah di bagian atasnya. Untuk Liverynya, dipenuhi dengan bangunan-bangunan khas Semarang.

Sedangkan bus milik PSMS Medan cukup sederhana tampilannya. Menggunakan kelir hijau dan di bagian samping ada tulisan “PSMS” serta logo dari klub tersebut.

10. Sidrap United dan Barito Putera

Terakhir ada dua bus buatan karoseri Nusantara Gemilang dengan bodi Cityliner. Sidrap United memiliki tampilan yang sederhana, hanya berkelir hitam dengan tulisan “SIDRAP UNITED” berwarna merah dan logo klub di samping bodi bus.

Kemudian untuk Barito Putera, menggunakan livery yang cukup unik. Pada bagian samping ada foto Fouder Hasnur Group dan seluruh pemain. Kemudian tulisan “BARITO PUTERA” terpasang di bagian kaca bus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/03/182100715/melihat-mewahnya-bus-klub-sepak-bola-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.