Salin Artikel

Kasus Mobil Sengaja Terjang Genangan Air, Begini Etika Melewatinya

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa wilayah di Indonesia mulai masuk musim penghujan. Di Jabodetabek, hujan yang turun hampir setiap hari bahkan telah menciptakan genangan-genangan air di jalan.

Kondisi ini membuat pengendara mobil ataupun motor wajib berhati-hati. Selain memastikan keselamatan diri sendiri, penting juga untuk memperhatikan adab saat melewati genangan air.

Contoh kasus terkini salah satunya seperti yang diunggah akun Instagram @dashcamindonesia. Pada salah satu unggahan hari Minggu (31/1/2021), terlihat sebuah mobil yang sengaja melaju kencang ketika lewat genangan air.

Pelaku yang berjumlah enam orang yang masih pelajar SMA dan SMP ini langsung diamankan Polres Probolinggo Kota.

AKP Tavip Haryanto, Kasatlantas Polres Probolinggo Kota, mengatakan, lokasi kejadian berlangsung di di Jl. Cokroaminoto, Pertigaan Loji, Probolinggo, Jawa Timur.

“Pengendara mobil ini diduga sengaja melewati genangan air dengan kencang, hingga air menyembur ke toko dan warung di tepi jalan,” ujar Tavip, dalam keterangan resminya, Sabtu (30/1/2021).

Menurut Tavip, tujuan enam remaja menyipratkan genangan air untuk kesenangan pribadi masing-masing, selanjutnya dibuat story WA.

Namun ternyata hal itu tidak disukai oleh teman-teman mereka dan mengingatkan bahwa hal itu adalah perbuatan tidak baik dan diminta segera menghapusnya.

“Sebelum dihapus, postingan tersebut terlanjur viral dan sampai akhirnya Satlantas Polres Probolinggo Kota berhasil mengungkap kejadian tersebut,” katanya.

“Perilaku pada video tersebut jelas tidak baik karena ada yang dirugikan. Hal ini banyak terjadi, ada yang sengaja maupun tidak sengaja,” ujar Sony, kepada Kompas.com (31/1/2021).

“Pengendara yang sengaja melakukan hal ini tipe pengemudi yang bersenang-senang di atas penderitaan orang lain, ini yang dbilang pengemudi agresif,” katanya.

Oleh sebab itu, Sony menyarankan kepada pengguna jalan untuk hati-hati dan melambatkan laju kendaraannya saat melewati genangan air.

“Pada kondisi hujan, cipratan akibat kendaraan menerobos genangan air pasti sering. Jadi butuh kontrol kecepatan dan perhatikan kondisi di depan, jangan asal injak pedal gas,” ucap Sony.

“Saat mata menangkap adanya genangan air segera melambat, cukup injak rem tidak perlu hazzard. Keuntungannya selain cipratan tidak mengganggu orang lain, juga terhindar dari aquaplaning,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/31/180056815/kasus-mobil-sengaja-terjang-genangan-air-begini-etika-melewatinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.