Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Salah Ganti Lampu Mobil, Bisa Jadi Penyebab Kebakaran

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengubah bohlam lampu mobil dengan yang lebih terang memang jamak dilakukan oleh pemilik kendaraan. Mereka biasanya merasa tidak puas dengan pancaran sinar lampu standar mobil.

Model untuk menggantikan lampu standar pun beragam, mulai LED, HID, bahkan memakai proyektor. Namun modifikasi di bagian kelistrikan ini memiliki risiko korsleting yang berujung adanya arus pendek, bisa-bisa mobil terbakar karenanya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, ada dua hal yang menyebabkan modifikasi kelistrikan di mobil rawan korsleting. Pertama soal voltase dan wattnya harus sesuai antara kabel dan lampunya.

“Misal standarnya kabel biasa mampu mengalirkan 5 ampere. Kemudian lampu diganti dengan kapasitas yang lebih besar, sehingga kabel yang biasa mengalirkan 5 ampere, harus mengalirkan arus yang lebih besar pula,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Akhirnya kabel tersebut panas dan membuat pelapis kabel terkelupas. Bahayanya, kabel tadi bisa saling bergesekan yang menyebabkan korsleting, lalu terbakar. Kedua, harus memerhatikan proses penyambungan atau intalasi ke sistem wiring yang sudah ada.

“Kan biasanya disuntik-suntik, kabel dipotong lalu disambung dengan yang baru. Sambungan ini harus kuat, misalnya dilakukan penyolderan dan diisolasi yang kuat. Sehingga sambungan tidak terbuka dan menyebabkan korsleting,” kata Suparna.

Mengenai modifikasi pada kelistrikan ini, Suparna mengatakan kalau tentu saja garansi akan hangus. Dua hal yang disebutkan sebelumnya adalah cara pencegahan agar modifikasi tadi tidak menyebabkan korsleting dan mobil terbakar.

“Modifikasi kelistrikan memang harus sangat hati-hati. Karena banyak sekali kasus kebakaran mobil yang disebabkan karena penggantian lampu depan maupun fog lamp dengan yang tidak standar,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/15/102200315/salah-ganti-lampu-mobil-bisa-jadi-penyebab-kebakaran

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.