Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Para Pemilik Mobil Listrik Sudah Malas Beli Bensin Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com – Konsumen yang sudah merasakan kendaraan listrik rupanya disebut enggan untuk kembali menggunakan kendaraan dengan mesin bakar internal. Hal ini diungkap lewat survei layanan pemetaan kendaraan listrik di Inggris yang dilakukan Zap-Map.

Dilansir dari laman Electrec, survei yang dilakukan terhadap 2.000 pengemudi mobil listrik di Inggris menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden tidak akan kembali menggunakan kendaraan konvensional.

Tercatat 91 persen responden mengatakan "Tidak, terima kasih" untuk mengganti kendaraan mobil listrik mereka dengan kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel.

Sebaliknya, kurang dari 1 persen yang menginginkan kembali memakai mobil dengan mesin bakar internal. Adapun 9 persen lainnya mengatakan mereka tidak yakin.

Melanie Shufflebotham, Co-Founder Zap-Map, mengatakan, jajak pendapat terbaru ini menunjukkan dampak yang kuat dari peralihan mobil konvensional ke mobil listrik.

“Bukti yang mendukung kendaraan listrik semakin menarik pada setiap survei kami,” ujar Shufflebotham, dilansir dari Electrec, Rabu (6/1/2021).

Laporan Zap-Map juga mengatakan bahwa mayoritas dari para responden tersebut baru pertama kali mempunyai mobil listrik.

Secara lebih rinci, 73 persen menyatakan baru membeli mobil listrik dan 52 persen telah membeli dalam setahun terakhir.

Survei ini sekaligus mengungkapkan kepuasan pengemudi kendaraan listrik berbasis baterai lebih tinggi daripada plug-in hybrid vehicle (PHEV). Pengemudi EV melaporkan skor kepuasan 91 dari 100, sedangkan PHEV 84 dari 100.

Sementara itu, untuk mobil listrik yang mendapat kepuasan hingga 100 persen adalan VW ID.3, diikuti Tesla Model 3 dan Kia e-Niro dengan 96 persen.

Untuk diketahui, pada 2020, penjualan mobil listrik di Inggris bisa dibilang meningkat signifikan. Padahal, pasar otomotif secara keseluruhan cenderung menurun.

Hasil ini membuat pangsa pasar kendaraan listrik menjadi 9,7 persen atau meningkat hingga tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/07/084200615/para-pemilik-mobil-listrik-sudah-malas-beli-bensin-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke