Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda GL Max Street Tracker, Terinspirasi Karakter Petruk

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom merupakan karya seni yang bisa diwujudkan dari berbagai hal. Tak terkecuali tokoh punakawan, yakni Petruk.

Karakter yang dimiliki Petruk diangkat oleh Daeng Custom Mastery dan diwujudkan dalam motor custom garapannya yang bergaya street tracker.

"Petruk merupakan salah satu tokoh punakawan yang memiliki sifat lucu dan menghibur. Petruk memiliki kharisma yang visioner, walaupun dia selalu terlihat mengejek dan tidak serius," ujar Ilham Purnama, builder Daeng Custom Mastery, dalam keterangan resminya.

Ilham menambahkan, karakter Petruk melekat pada motor berbasis GL Max ini, yang dioprek layaknya motor dengan mesin berkapasitas besar.

"Mesin kecil itu dikemas agar memiliki tenaga yang besar. Sesuai dengan karakter Petruk yang kecil, tapi berani untuk mengejek," kata Ilham.

Petruk selalu digambarkan sebagai tokoh yang tidak tampan secara fisik. Tapi, dari fisik Petruk yang tidak sempurna itu, terkandung nilai filosofi yang mendalam menurut Ilham. Gambaran lekuk tubuh Petruk yang membungkuk diwujudkan pada sasis motor GL Max ini.

"Tubuh yang membungkuk diartikan sebagai pengingat bahwa manusia harus senantiasa mengingat asal-usulnya dan jangan pernah lupa diri ketika diberikan nikmat oleh Tuhan Yang Maha Esa," ujar Ilham.

Selain itu, Ilham juga menerjemahkan warna motor yang dominan hitam dan silver menggambarkan keadaan dunia yang sedang dilanda musibah. Di balik kegelapan (hitam), masih ada harapan (silver) yang harus digapai.

Ada juga beberapa bagian yang dibiarkan dengan corak logam asli, tidak dipoles agar terlihat kuat seperti logam. Sebagian dibalut dengan lapisan krom agar terlihat bersinar.

"Corak Pamor Adeg tergores indah pada tangki motor yang diberi nama "Petruk Dadi Ratu" ini. Pada masanya, Keris dengan Pamor Adeg dipakai untuk berperang melawan musuh dan mempertahankan negara," kata Ilham.

Ilham menambahkan, Petruk menasihati manusia untuk menahan lawwamah (jiwa yang masih cacat cela). Setelah mampu menahan dan menghindari nafsu itu, maka harus mampu untuk mempraktikkan nafsu mutmainah (jiwa yang telah mendapat ketenangan) untuk dapat memunculkan jiwa yang terang.

"Sebuah konsep yang sederhana tetapi mengharuskan kita untuk dapat ikhlas dan tetap berusaha untuk dapat mencapai puncak kehidupan," ujar Ilham.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/30/174100815/honda-gl-max-street-tracker-terinspirasi-karakter-petruk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke