Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amankah Pasang Spacer atau Adaptor di Pelek Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi yang paling mudah dan dampaknya signifikan yaitu dengan mengganti pelek. Ada berbagai model pelek aftermarket serta dengan spesifikasi PCD dan offset yang beragam.

Kadang ada kalanya ketika model pelek yang kita sukai, memiliki lubang baut yang berbeda atau ketika dipasang, tampilannya jadi kurang maksimal. Salah satu cara untuk mengakalinya yaitu dengan memasang adaptor atau spacer.

Dengan memakai adaptor, lubang baut bisa disamakan dengan pelek yang diinginkan. Keluar masuknya pelek dari bodi juga bisa disesuaikan dengan tebalnya spacer yang digunakan. Lalu apakah aman untuk menggunakan adaptor atau spacer ini?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, kalau dari APM, tentu saja tidak merekomendasi pemilik mobil untuk memakai adaptor atau spacer.

“Memakai adaptor atau spacer membuat pelek akan lebih keluar. Bisa pengaruh ke safety atau keselamatannya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (29/12/2020).

Terkait keselamatan, adaptor dan spacer berpotensi membuat baut roda patah. Selain itu, bisa juga menimbulkan getaran saat mobil berjalan, dikarenakan specer-nya yang tidak seimbang atau balance.

“Dikhawatirkan roda bisa terlepas, karena titik beratnya bergeser,” kata Didi.

Sementara itu, pemilik toko ban dan pelek, Permaisuri Ban Wibowo Santosa mengatakan, memasang spacer pada pelek aman untuk dilakukan, selama proses pembuatan spacer-nya baik dan bagus.

“Ukuran maksimal spacer yang digunakan yaitu 2 cm. Kemudian selama baut dan mur masih memadai puntirnya, aman untuk digunakan,” kata Wobowo kepada Kompas.com.

Bahan spacer biasa dibuat dari aluminium atau besi dan ketebalannya pun beragam, mulai dari 3 mm sampai 10 mm. Namun perlu diingat, tidak disarankan untuk menggunakan spacer secara menumpuk.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/29/174100115/amankah-pasang-spacer-atau-adaptor-di-pelek-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke