Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik Sudah Bisa Isi Daya di Ruas Tol Surabaya-Jakarta, Ini Titiknya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna mobil listrik diprediksi akan semakin banyak ke depannya. Untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya melintasi rual tol Surabaya-Jakarta, PLN menambah empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Kehadiran empat SPKLU ini merupakan hasil kolaborasi antara PLN dan Jasa Marga. Keempat SPKLU tersebut ditempatkan di Rest Area Km 207 A Palikanci, Rest Area 379 Batang, dan Rest Area Km 519 A/B Sragen.

"Fasilitas SPKLU di 4 titik ini disediakan PLN untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna mobil listrik dan untuk mengakomodir kebutuhan pengisan baterai pada saat bepergian dari Jakarta ke Surabaya," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bkb Saril, dalam keterangan resminya, Kamis (24/12/2020).

Bob menambahkan, peresmian SPKLU ini menjadi bagian dari komitmen PLN untuk mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"PLN ingin memberikan kenyamanan warga pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum," kata Bob.

Rencananya, PLN akan membangun 2.400 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sampai tahun 2025 mendatang. Sekarang ini, penggunaan mobil listrik hanya di dalam kota saja. Sebab, jarak tempuh masih dibatasi dengan minimnya infrastruktur pengisian listrik.

Dengan adanya empat SPKLU baru di jalan tol Trans Jawa, diharapkan dapat lebih memudahkan orang berpergian dengan jarak yang jauh menggunakan mobil listrik.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/25/162837015/mobil-listrik-sudah-bisa-isi-daya-di-ruas-tol-surabaya-jakarta-ini-titiknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke