Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Coba Pakai Roof Box Saat Liburan, Bisa Bikin Kabin Mobil Lebih Aman!

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim liburan, beberapa orang memilih untuk bepergian bersama keluarganya dengan mobil pribadi. Apalagi di musim pandemi yang masih berlangsung saat ini, rasanya masih lebih aman bepergian dengan mobil pribadi.

Ketika bepergian dengan keluarga, tentu saja barang bawaannya banyak. Sehingga kabin tidak hanya dipenuhi dengan orang, tetapi barang juga. Salah satu solusi agar kabin tidak terlalu sumpek adalah dengan memasang roof box.

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, selain menambah ruang penyimpanan, roof box bisa menambah keamanan dan keselamatan saat bepergian.

“Dari sisi keamanan dan keselamatan, penempatan barang bersama penumpang di kabin berisiko. Barang-barang yang merupakan benda padat, ketika terjadi kecelakaan bisa memperparah cedera penumpang,” kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, barang-barang di kabin yang tidak terikat dengan baik, malah mengganggu pengemudi dan penumpang. Barang itu akan bergeser dan mengeluarkan suara yang bisa mengganggu konsentrasi pengemudi.

Oleh karena itu, roof box bisa berfungsi sebagai bagasi tambahan. Barang yang sebelumnya tidak muat di bagasi dan disimpan di kabon, bisa ditaruh di roof box. Namun memakai roof box, harus ada penyesuaian dengan cara mengemudinya.

“Jadi kalau menggunakan roof box, maka cara mengemudinya harus disesuaikan dengan lebih berhati-hati dan harus sesuai dengan kondisi membawa roof box,” ucap Jusri.

Misalnya harus paham kalau roof box menambah tinggi kendaraan, lebih berhati-hati saat melewati palang yang rendah. Selain itu juga memasang roof box bisa membuat bodi mobil terasa tertahan saat kecepatan tinggi dan lebih limbung.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/25/092200615/coba-pakai-roof-box-saat-liburan-bisa-bikin-kabin-mobil-lebih-aman-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke