Salin Artikel

Mengulik Sasis Honda PCX 160, Beda dari Model Lama

TOKYO, KOMPAS.com - Banyak detail yang berubah pada Honda PCX160. Bukan hanya kapasitas mesin dan fitur yang lebih canggih, tapi juga sasis atau rangka yang didesain ulang.

Dari gambar terlihat rangka baru lebih simpel, terutama di bagian belakang. Bagian sasis underbone dan pipa bagian belakang terlihat lebih besar dari yang lama.

Meski menggunakan diameter pipa lebih besar tapi strukturnya lebih ringkas. Pemilihan material yang lebih baik ditengarai membuat bobot rangka berkurang 760 gram.

Bentuk rangka ini juga membuat ruang penyimpanan di bawah jok lebih besar. Volume bagasi kini mencapai 30 liter dan 24 liter untuk PCX e: HEV karena terpangkas perangkat lain.

Semua jenis rem dilengkapi sebagai standar dengan ABS 1 saluran yang hanya beroperasi di bagian depan. Bagian belakang memiliki rem cakram baru.

Honda juga mengoptimalkan mounting lengan ayun agar suspensi belakang berkerja lebih optimal. Mencegah suspensi belakang stres jika sering menerima beban berat.

Detail lainnya yaitu Honda memakai karet bantalan baru pada struktur setang. Karet baru ini disebut dapat menyerap getaran lebih baik sehingga setang tidak bergetar.

Seperti diberitakan, Honda PCX 160 menggunakan mesin baru eSP+ berkapasitas 156 cc, berpendingin cairan, 4-katup, dan SOHC.

Tenaganya sekarang meningkat menjadi 15,5 tk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Pada model sebelumnya, dengan mesin 150 cc, tenaga maksimum yang dihasilkan hanya 14,4 tk pada 8.500 rpm dan torsinya 13,2 Nm pada 6.500 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/11/150100815/mengulik-sasis-honda-pcx-160-beda-dari-model-lama

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.