Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usai Operasi Ketiga, Marquez Diprediksi Sembuh Lebih Cepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasi ketiga yang dilakukan oleh pebalap Repsol Honda Marc Marquez berjalan dengan sukses. Bahkan, pebalap andalan Honda itu diperkirakan bisa pulih lebih cepat dan berpeluang untuk mengikuti seri pembuka MotoGP 2021.

Seperti yang diketahui, Marc Marquez harus absen sepanjang seri MotoGP 2020 karena mengalami cedera patah lengan kanan pada seri pembuka di Jerez.

Selama enam bulan terakhir, Marquez telah menjalankan operasi sebanyak dua kali dan menjalani pemulihan lengan kanannya.

Sayangnya, pemulihan tersebut tidak membuahkan hasil. Rider berusia 27 tahun tersebut mengalami kondisi dimana terjadi kegagalan penyembuhan dari cedera patah tulang (pseudoarthosis).

Akibatnya, tulang yang menyambung bahu dengan siku Marquez pun tidak bisa sembuh dengan semestinya. Sehingga pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu harus kembali ke meja operasi pada hari Kamis (3/12) di sebuah rumah sakit di Madrid, Spanyol.

Berkat operasi ketignya, pebalap yang kerap mendominasi di lintasan balap ini diprediksi akan absen pada seri pembuka MotoGP 2021 karena harus menghadapi masa penyembuhan selama enam bulan demi mendapatkan kondisi terbaiknya.

Hal tersebut mendapat respon dari anggota komite medis Federasi Balap Motor Internasional (FIM) Angel Villamor, dirinya justru memprediksi Marquez bisa sembuh lebih cepat dari yang diperkirakan.

“Operasi itu merupakan stimulus tambahan. Mereka menempatkan fragmen tulang yang membuat pembuluh darah atau arteri untuk menyegarkan kembali (proses penyembuhan tulangnya),” ucap Villamor dikutip dari Marca, Sabtu (5/12/2020).

“Hampir dapat dipastikan bahwa tulangnya akan sembuh. Dia (Marquez) bisa kembali pada Maret atau awal musim kejuaraan. Apabila pseudoarthosis ini sembuh dalam dua atau tiga bulan dengan kalus yang sudah siap,” tambahnya.

“Mudah-mudahan bisa cepat sembuh,” kata Villamor.

Sebagai informasi, gelaran MotoGP 2021 akan diselenggarakan pada tanggal 28 Maret 2021 dengan balapan pertama di MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Losail.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/06/120100015/usai-operasi-ketiga-marquez-diprediksi-sembuh-lebih-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke