Salin Artikel

Ragam Fitur dan Teknologi Lexus UX 300e

JAKARTA, KOMPAS.com – Lexus UX 300e baru saja meluncur di Indonesia, Rabu (25/11/2020). Mobil ini merupakan model kendaraan full electric pertama dari Lexus, dengan mengambil basis Lexus UX yang sebelumnya sudah beredar di Indonesia.

Lexus UX 300e memiliki Permanent Magnet Motor, yang merupakan mesin motor listrik pertama lexus yang memiliki tenaga 200 TK dan torsi 300 Nm, serta baterai lithium ion berkapasitas 54,3 KWh dengan 288 large capacity battery cells.

Selain itu, banyak juga fitur yang disematkan pada produk terbaru Lexus Indonesia ini. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi mengatakan, kalau Lexus UX sudah menggunakan platform global architecture-compact (GA-C).

“Ini adalah platform terbaru dari Lexus yang menghasilkan stability serta driving experience yang menyenangkan. Tentu saja unsur-unsur desain yang menarik seperti Signature Spindle Grille dan 3 LED Headlights,” ucap Anton.

Dilihat dari samping, Lexus UX 300e memiliki pahatan-pahatan bodi yang membuatnya aerodinamis sehingga membantu driving range mobil listrik. Begitu juga model pelek yang berukuran 17 inci yang bisa menyalurkan udara ke rem.

“Tentu saja ada limitless rear lamp yang juga berfungsi sebagai spoiler dan menjadi ciri khas Lexus UX 300e,” kata Anton.

Lexus UX 300e juga memiliki under carriage cover yang membantu aliran udara saat berjalan. Selain fungsi aerodinamis, under carriage cover juga melindungi baterai apabila kondisi jalan kurang memadai atau rusak.

“Kemudian untuk teknologinya, ada electronic drive selector yang terinspirasi dari Lexus LC. Fitur ini menggantikan perseneling mekanikal yang terdapat di Lexus UX non listrik,” kata dia.

Selanjutnya ada premium audio system dari Mark Levinson dengan 13 speaker, layar 10,3 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Speedometernya juga menggunakan optitron instrument cluster yang memperlihatkan segala informasi mengemudi, termasuk status baterai.

Untuk keamanannya, Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan Lexus Safety System + yang terdiri dari berbagai sistem keamanan aktif. Sistem ini mengandalkan sensor radar dan kamera di bagian depan untuk empat fitur keamanan.

“Pertama adalah pre-collision system, untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil seperti pejalan kaki yang menyeberang jalan atau mobil yang berhenti mendadak,” ucapnya.

Kedua yaitu dynamic radar cruise control yang memantau kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengan aktifnya sistem cruise control. Ketiga ada lane departure alert yang membaca marka jalan dan memberikan peringatan jika menjauhi dari posisi yang seharusnya.

“Sistem ini juga mengoreksi posisi kemudi ke posisi normal apabila diperlukan dengan menggunakan steering assist.

Terakhir adalah adaptive high beam system yang secara otomatis menyalakan lampu jauh di malam hari yang gelap. Kemudian akan meredupkan lampunya jika ada mobil lain dari arah berlawanan.

Lexus UX300e juga dilengkapi 8 SRS Airbags, Blind Spot Monitor, Panoramic View Monitor dan All Around Parking Sensors.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/25/180100415/ragam-fitur-dan-teknologi-lexus-ux-300e

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.