Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas Rugi, Jangan Pernah Salip Truk di Persimpangan

JAKARTA, KOMPAS.com – Truk seperti trailer atau kendaraan yang panjang memiliki titik buta (blind spot) yang sangat besar. Memang manuver truk trailer sangat lambat ketika ada di persimpangan karena membutuhkan ruang yang lebih luas.

Bagi kendaraan lain yang berukuran kecil seperti motor atau mobil, jangan pernah coba untuk menyalip dari sisi dalam truk trailer. Karena jika memaksa menyalip dari sisi dalam, ada potensi mobil atau motor masuk ke blind spot.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, truk atau kendaraan besar itu butuh ruang yang lebar dalam bermanuver seperti belok-belok.

“Ketika kendaraan besar berbelok ke kiri, maka dibutuhkan ruang yang lebar di sisi kirinya, begitu juga sebaliknya. Ketika berada di dekatnya, berpotensi adanya benturan akibat dari memaksakan diri,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (25/11/2020).

Sony mengatakan, memang kecepatan truk saat manuver itu rendah, tapi bukan berarti aman. Jadi jika tidak mau rugi mobil lecet terserempet atau motor hancur terlindas, hindari menyusul di saat ruangnya terbatas dan di persimpangan.

“Selain itu tidak disarankan juga untuk menyalip dari sisi kiri. Lihat dahulu lampu sein truk tersebut nyalanya ke mana,” kata Sony.

Paling aman yaitu harus tunggu giliran untuk bergantian. Sony mengatakan, kebiasaan buru-buru ini memang sering dilakukan oleh orang Indonesia. Apalagi bagi pemotor, jika terserempet truk ada risiko terlindas ban belakang truk, berbahaya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/25/164100915/awas-rugi-jangan-pernah-salip-truk-di-persimpangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke