Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Seri Penutupan, Rossi Sebut Yamaha Sedang Bermasalah

VELENCIA, KOMPAS.com - Valentino Rossi tak menampik bahwa Yamaha tengah mengalami kesulitan pada MotoGP Eropa 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (8/11/2020).

Pasalnya, kombinasi mesin dan ban pada YZR-M1 jelang seri penutupan musim ini belum begitu pas sehingga motor tak mampu mengeluarkan tenaganya secara optimal.

"Memang, Yamaha sempat memenangi balapan sebelumnya tetapi saat ini kami berada dalam masalah besar. Rasanya, seperti ada sesuatu dengan ban yang belum kami pahami. Di samping itu, kami juga ada masalah mesin yang kerap melambat," kata Rossi dilansir MotoGP.com, Senin (9/11/2020).

Oleh karena itu tak heran pada pekan lalu tidak ada satu pun pebalap Yamaha yang mampu menyelesaikan balapan di posisi 10 besar. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang memimpin hanya berada di posisi ke-11.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, finis di posisi ke-13 pada MotoGP Eropa usai mendapatkan penalti dengan memulai balap dari jalur pitstop.

Adapun Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) tak mampu menyelesaikan balapan karena terjatuh serta mesin mogok.

"Ini benar-benar memalukan. Mereka (tim Yamaha) kini sedang memeriksa bagian mesin dari M1 karena belum diketahui penyebabnya. Mungkin, ada masalah pada bagian elektronik atau semcamnya," papar Rossi.

Sementara para pesaing mereka, seperti Suzuki, terus mengalami perbaikan secara cepat dan mampu mendominasi pada tiga seri MotoGP 2020 belakangan.

Duo Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins pekan lalu mampu menempati posisi pertama dan kedua. Kini, dalam papan klasemen mereka ada di tiga besar.

"Mereka (Suzuki) memahami sesuatu tentang ban yang tak kami pahami, dan nampaknya Yamaha belum melakukan langkah-langkah sebagaimana yang dilakukan mereka (menggabungkan metode Jepang dengan model Italia atau Eropa)," kata Rossi.

"Ini tidak mudah," tutupnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/09/190100315/jelang-seri-penutupan-rossi-sebut-yamaha-sedang-bermasalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke