Salin Artikel

Ini Keuntungan Merawat Ban Mobil Secara Rutin

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan pada komponen mobil sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan.

Dengan perawatan secara rutin, otomatis pemilik mobil bisa memantau kondisi setiap komponen yang ada.

Tidak terkecuali perawatan berkala yang dilakukan pada bagian kaki-kaki atau ban. Selama ini, mungkin tidak sedikit pemilik mobil yang masih mengabaikan mengenai kondisi komponen yang sangat vital ini.

Padahal, dengan melakukan perawatan akan mendatangkan sejumlah keuntungan bagi pemilik kendaraan itu sendiri.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, perawatan pada ban mobil sangat perlu dilakukan.

Mengingat, ban merupakan komponen yang sangat vital dan menunjang keselamatan selama berkendara.

“Ban ini harus menopang berat kendaraan, penumpang dan isinya. Ban juga membantu untuk mengarahkan laju kendaraan, jadi sangat penting melakukan perawatan secara berkala,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Dengan melakukan perawatan secara rutin, Zulpata menambahkan, tentunya pemilik kendaraan juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan tersendiri.

Pertama adalah kondisi ban yang selalu siap digunakan setiap saat. Hal ini karena, ban selalu terpantau kondisinya baik tekanan udaranya atau pun kondisi fisik ban.

“Ban siap untuk digunakan kapan saja diperlukan, ban selalu siap untuk mendukung berat kendaraan, ban juga siap untuk dibawa manuver,” ujarnya.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah pemilik kendaraan bisa berhemat untuk pengeluaran membeli karet pembungkus pelek ini.

Zulpata mengatakan, dengan merawat ban secara berkala otomatis usia pemakaian ban juga akan lebih lama dibandingkan ban yang tidak pernah dirawat.

“Keuntungan melakukan perawatan berkala membuat harga ban jadi murah, karena umur ban jadi panjang, ban jadi bisa dipakai lebih lama lagi. Jadi tidak harus sering ganti ban,” tuturnya.

Untuk melakukan perawatan, Zulpata juga menyarankan, bisa dilakukan sendiri di rumah dan tidak perlu harus ke bengkel.

Perawatan ban juga cukup sederhana yakni mulai dari mengecek tekanan udara, memeriksa kondisi telapak ban, menyemir ban, hingga melakukan rotasi secara berkala.

“Kalau mobil jarang dipakai, minimal seminggu sekali cek tekanan udaranya. Lalu bersihkan telapak ban dari benda kecil yang menempel seperti kerikil dan lainnya. Dan juga lakukan rotasi agar keausan ban rata,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/18/102200015/ini-keuntungan-merawat-ban-mobil-secara-rutin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.