Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati Mobil Kehilangan Kendali Saat Jalan Basah

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini di berbagai kota di Indonesia mulai memasuki musim hujan. Ketika hujan, tentunya jalan raya menjadi basah, bahkan kejadian kendaraan yang kehilangan kendali (out of control) mulai sering ditemui.

Mobil yang kehilangan kendali ini tentunya bisa membahayakan pengguna jalan lain. Karena mobil bergerak tidak terkendali dan bisa menabrak siapa saja. Lalu apa yang biasanya menjadi penyebab dari out of control ini?

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, fenomena understeer dan oversteer karena mengemudi terlalu kencang biasa menjadi penyebab dari hilangnya kendali pengemudi pada kendaraannya.

“Understeer itu saat kemudi kita belokan, namun mobil tetap berjalan lurus. Sedangkan oversteer adalah saat ban belakang out of control atau ngebuang, bisa disebut fish tail,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Marcell mengatakan kalau kedua fenomena ini disebabkan oleh tiga hal. Pertama yaitu kecepatan, lalu ban yang tipis, dan ketiga karena jalan licin atau genangan. Cara paling mudah untuk mencegah kehilangan kendali ini yaitu dengan tidak ngebut di jalan yang basah.

“Selain tidak ngebut, bisa juga dengan menggunakan kendaraan yang dilengkapi dengan VSC. Karena understeer dan oversteer biasa terjadi saat berbelok di jalan yang basah,” kata Marcell.

Perlu diingat juga kalau melibas genangan dengan kecepatan tinggi dan kondisi ban sudah tipis, bisa menyebabkan aquaplaning. Aquaplaning merupakan kejadian ban kehilangan cengkeramannya ke aspal, sehingga sulit untuk dikendalikan.

“Aquaplaning bisa juga terjadi di belokan, selama ada genangan air 2,5 cm saja dan kendaraan memakai ban yang tipis. Kejadian ini tidak selamanya terjadi di jalan yang lurus,” kata dia.

Marcell juga menambahkan, jika berkendara tidak over speed, akan aman saja melewati genangan air tersebut. Mengebut menyumbang 26 – 32 persen dari faktor penyebab fatalitas pada kecelakaan lalu lintas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/12/182100815/hati-hati-mobil-kehilangan-kendali-saat-jalan-basah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke