Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkendara Aman Saat PSBB Transisi di Jakarta, Siapkan Masker Cadangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kebijakan PSBB transisi ini akan mulai diberlakukan 12 - 25 Oktober 2020. Meski ada pelonggaran dalam aktivitas di luar rumah, masyarakat tetap wajib mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu yang harus dipatuhi adalah dengan menggunakan masker saat beraktivitas, termasuk juga ketika mengendarai kendaraan bermotor.

Penggunaan penutup hidung dan mulut ini tidak lain adalah untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona selama PSBB transisi.

Cara ini dipercaya mampu untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19 yang menyebar melalui droplet atau cairan.

Terkait dengan kewajiban menggunakan masker, Dokter di Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Surakarta Arina Hidayati mengatakan, saat berkendara menggunakan masker jenis kain sudah cukup untuk melindungi.

Arina juga menyarankan agar setiap pengendara tidak hanya membawa satu masker saja melainkan juga menyiapkan cadangannya.

Hal ini karena penggunaan masker ada batas maksimal sesuai dengan anjuran dari pemerintah yakni maksimal selama 4 jam.

“Sebaiknya tetap membawa cadangan masker, karena penggunaan masker maksimal hanya 4 jam saja. Setelah 4 jam penggunaan, masker sebaiknya direndam menggunakan deterjen dan dicuci,” ujarnya kepada Kompas.com Minggu (11/10/2020).

Jika sudah mencapai batas pemakaian, Arina menambahkan, sebaiknya masker dilepas dan dimasukkan ke dalam plastik atau tempat lainnya yang aman.

Baru setelah tiba di rumah dilakukan pencucian (khususnya masker kain) agar bisa dipakai lagi di hari berikutnya.

“Kalau masker yang pertama sudah 4 jam sebaiknya dimasukkan ke kantong plastik dan diikat kemudian ganti yang baru,” katanya.

Jika lupa membawa cadangan dan hanya ada satu masker saja, Arina mengatakan, alternatifnya adalah dengan menyemprotkan hand sanitizer pada masker.

Tetapi setelah disemprot jangan langsung dipakai, biarkan mengering dulu baru dipakai kembali atau mungkin bisa disemprot menggunakan antiseptik.

“Kalau untuk masker medis tidak boleh disemprot alkohol,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/12/101200015/berkendara-aman-saat-psbb-transisi-di-jakarta-siapkan-masker-cadangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke