Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Target Penjualan Mobil, Gaikindo Masih Bertahan Tanpa Revisi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, rencana pemerintah memberikan stimulus bagi penjualan mobil baru melalui relaksasi pajak nol persen, masih menjadi wacana.

Kondisi tersebut berakibat terjadinya penundaan pembelian dari masyarakat yang juga menantikan adanya relaksasi agar bisa membeli mobil dengan harga yang murah.

Melihat fenomena yang berpotensi menurunkan laju penjualan tersebut, apakah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) jadi untuk melakukan revisi terget. Mengingat sisa waktu di 2020, bila dihitung dari saat ini hanya tinggal dua bulan lagi.

Menjawab hal ini, Sekretaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, bila sampai saat ini belum ada rencana untuk melakukan perubahan target dari yang sebelumnya sudah ditetapkan.

"Sejauh ini patokan kami masih sama. Memang melihat dari segi kondisinya sangat berat ya, tapi kami masih berpegang pada kami masih 600.000 ribu unit sampai akhir tahun," ucap Kukuh kepada Kompas.com, Kamis (8/10/2020).

Menurut Kukuh, terkait masalah pandemi Covid-19 tak bisa hanya semata-mata dikaitkan hanya dengan pasar otomotif saja. Banyak sektor lain yang juga ikut terganggu karena masalah utamanya terkait ekonomi.

Dampak dari Covid-19, beberapa waktu lalu menurut Kukuh sempat membuat Indoensia tertinggal pada peringkat penjualan domestik hingga turun ke peringkat kelima. Namun berangsur-angsur pulih seiring adanya peningkatan pada Agustus 2020, dan kembali ke peringkat ketiga.

Meski demikian, bila ingin bersaing dengan negara lain yang notabennya secara penanganan Covid-19 lebih cepat serta pemerintahnya juga tanggap, akan sangat sulit sekali.

"Negara lain yang bisa mengatasi Covid-19 dengan baik, otomatis pasarnya saat ini juga mulai pulih dan maju, untuk kita agak sulit berkompetisi dalam kondisi yang ibaratnya masih sakit-sakitan ini," ucap Kukuh.

"Meski demikian, kami berharap bisa ada kemanjuan di sisa waktu yang memang tinggal sedikit lagi, harus optimis, maka kami bertahan dengan target awal. Karena itu soal relaksasi, kalau misalkan diberikan sangat bagus apapun bentuk setimulusnya nanti yang penting cepat ada kepastian," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/09/160100115/soal-target-penjualan-mobil-gaikindo-masih-bertahan-tanpa-revisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke