Salin Artikel

Tren Modifikasi JDM di Bus, Pasang Winglet di Bumper Depan

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi seperti menambah aksesoris pada kendaraan juga dilakukan pada bus. Salah satu modifikasi yang sedang tren di kalangan bus yaitu JDM atau Japan Domestic Market.

Namun JDM di sini artinya bukan bus yang hanya dijual di Jepang atau menggunakan aksesoris asli Jepang. Melainkan modifikasi JDM ini yaitu memasang winglet atau sayap di bumper depan bus.

Dengan dipasangnya winglet ini, tampilan bus akan menjadi sporty dan terlihat racing. Tren bus dengan gaya balap ini memang relatif baru muncul belum lama ini. Winglet ini dipasang pada sisi kiri dan kanan bumper depan.

Memasang winglet ini memang tidak menambah aerodinamis bus, hanya untuk tampilannya saja. Berbeda dengan mobil balap sebenarnya yang memakai splitter dengan tujuan agar kendaraan lebih cepat lagi.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, winglet yang dipasang pada bus terbuat dari bahan fiber dan memiliki warna yang beragam.

“Wingletnya terbuat dari bahan fiber, tinggal dipasang saja, sepertinya tinggal disekrup saja,” ucap Dimas saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pemasangan tambahan winglet ini bukan dilakukan oleh karoseri. Jadi PO atau kru bermodal sendiri untuk memasang winglet ini. Penjual winglet untuk bus ini juga bisa ditemui lewat media sosial yang menjual aksesoris lainnya seperti lampu LED RGB.

“Memasang winglet ini subyektif saja, ada orang yang suka dengan tampilannya dan tidak. Misalnya kurang suka karena mengganggu tampilan bodi bus yang awalnya bersih,” kata Dimas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/02/074200515/tren-modifikasi-jdm-di-bus-pasang-winglet-di-bumper-depan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.