Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Ini Dahulu, Sebelum Ubah Ban Motor Ukuran Lebar

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pengendara motor yang beranggapan bahwa menggunakan ban dengan ukuran yang lebih lebar akan memberikan daya cengkram yang lebih kuat.

Anggapan tersebut memang benar, namun menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Faktor ini menentukan efektivitas penggantian ban yang dilakukan pemilik sepeda motor.

1. Pelek

Pertama yang perlu diperhatikan adalah lebar pelek. Zulpata mengatakan, bahwa menggunakan ban yang lebih lebar akan percuma jika masih menggunakan pelek standar.

Banyak orang yang malas mengganti pelek, karena menurut mereka ukuran yang dipakai masih aman. Padahal jika hasilnya ingin maksimal tentu lebar pelek harus proposional dengan lebar ban.

Menggunakan ban yang lebih lebar pada pelek standar akan membuat permukaan ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Daya cengkram juga jadi berkurang. Tentu hal ini akan menurunkan tingkat keselamatan dan kenyamanan saat di jalan.

2. Selisih ideal

Kedua, hitung selisih yang ideal antara ukuran lebar ban dengan pelek. Misal untuk pelek skutik, punya spesifikasi 1.85 depan dan 2.15 belakang, menggunakan ukuran ban 80/90-14, 90/90-14. Kalau ban belakang ganti yang besar misal 120/70-14, maka pelek harus ganti yang lebar juga, misal 2.75, 3.00 atau 3.50.

"Tetapi, harus dipastikan tidak ada bagian ban yang menyentuh bodi, fender, atau suspensi,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

3. Swing Arm

Jika ukuran ban dan pelek sudah sesuai, selanjutnya penting untuk memperhatikan lebar lengan ayun atau swing arm.

“Agar tidak mentok, bisa juga mengakalinya dengan menggunakan swing arm custom,” kata Zulpata.

4. Rantai

Terakhir, perhatikan jarak bibir terluar ban dengan rantai. Pada skutik biasanya akan bersentuhan dengan shockbreaker. Jangan sampai ban dengan rantai atau shockbreaker bergesekan, karena akan membuat masing-masing tersebut menjadi rusak.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/28/122200015/perhatikan-ini-dahulu-sebelum-ubah-ban-motor-ukuran-lebar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke