Salin Artikel

Ternyata Bahaya Mengganti Gigi Saat Mobil Lewat Tanjakan dan Turunan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kontur jalanan di Indonesia sangatlah beragam, banyak jalan berbukit yang penuh tanjakan dan turunan.

Tentunya melewati tanjakan dan turunan tidak semudah mengemudi di jalan yang rata.

Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan saat melewati tanjakan maupun turunan, yaitu mengganti gigi transmisi, khususnya mobil manual.

Kesalahan ini bisa menyebabkan kecelakaan bagi pengemudi maupun pengguna jalan lain.

Ganti posisi gigi

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, ketika mengemudi di tanjakan dalam kecepatan yang rendah, jangan pernah mencoba untuk mengganti gigi transmisi.

“Kalau sudah di tengah tanjakan kita mengganti gigi, bila kurang cepat atau salah posisi gigi, mobil bisa mundur,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Marcell juga mengatakan, jika di jalan menurun mengganti gigi, mobil jadi tidak terkendali.

Mobil akan meluncur lebih cepat karena kopling dan mesin akan los, sehingga tidak ada engine brake yang membantu pengereman.

Jadi, hal yang harus dilakukan pengemudi sebelum menemui tanjakan atau turunan yaitu menurunkan gigi.

Kesalahan

Selain itu, ada lagi kesalahan cara mengemudi di turunan dan tanjakan yang bisa membahayakan.

“Cara yang salah yaitu mendahului di turunan karena bisa saja kendaraan jadi tidak terkontrol dengan baik dan berakibat celaka,” kata Marcell.

Kebiasaan salah lainnya yang kerap dilakukan pengemudi adalah memosisikan tuas pada gigi tinggi atau ada pula yang menetralkan transmisi.

Dalih yang biasanya diungkapkan pengemudi adalah biar irit bahan bakar atau meminimalisasi suara dengung mobil karena engine brake pada gigi rendah.

Padahal, perilaku tersebut sangat berbahaya karena mobil dalam kondisi los atau tidak terkontrol.

Efek lain yang biasanya timbul akibat perilaku tersebut adalah beban rem biasanya akan lebih berat karena tidak dibantu deselerasi mesin.

Perilaku yang berbahaya satu lagi yaitu mengemudi terlalu cepat di tanjakan. Marcell mengatakan, ketika mengemudi terlalu cepat, tidak memperhitungkan kemungkinan ada titik buta di ujung tanjakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/26/100200315/ternyata-bahaya-mengganti-gigi-saat-mobil-lewat-tanjakan-dan-turunan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.