Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Sekedar Gaya, Ini Fungsi Stabilizer pada Setang Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Stabilizer setang memiliki fungsi untuk mengurangi getaran yang merembet dari permukaan jalan ke setang. Ada bebebrapa jenis stabilizer, mulai dari steering damper sampai jenis pemberat yang terletak di kedua ujung setang.

Stabilizer biasanya dipakai oleh motor sport atau di arena balap untuk menyerap getaran. Tapi kini juga tidak jarang motor-motor harian yang tidak dilengkapi stabilizer bawaan pabrik memakainnya dengan berbagai tujuan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pemasangan stabilizer setang tergantung dari fungsinya, apakah untuk kenyamanan atau sekedar buat gaya.

“Jika memang pemasangannya bermanfaat dan menguntungkan yaitu setang menjadi lebih stabil dan tidak goyang, diperbolehkan. Tapi jika dipasang sebagai aksesoris agar tampilan motor menjadi lebih keren maka harus dipastikan tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com Kamis (24/9/2020).

Agus melanjutkan, pada dasarnya motor yang dikeluarkan oleh APM telah melalui berbagai proses pengecekan dan keamanan untuk digunakan oleh konsumen. Karena itu tambahan apapun di luar hal tersebut sebaiknya tidak merugikan.

“Jadi, kalau ada yang ingin menambahkan atau mengurangi bagian di motor tersebut seharusnya sang pengendara paham apakah alat itu menguntungkan atau justru merugikan dan membahayakan,” katanya.

Trainer Yamaha Academy On Road dan Off Road Setyo Sukaryo menambahkan, pihaknya belum menguji efek pengendalian setang yang diberikan stabilizer tambahan sendiri. Namun melihat fungsi stabilizer maka hasilnya diprediksi memang mengurangi getaran.

“Intinya stabilizer itu seperti pemberat. Jika getaran setang sebelum dikasih stabilizer lumayan, setelah dikasih (stabilizer) maka getarannya akan berkurang,” tutur Setyo.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/25/181910415/bukan-sekedar-gaya-ini-fungsi-stabilizer-pada-setang-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke