Salin Artikel

Cara Benar Merawat APAR, Ingat Kedaluwarsanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara untuk mencegah mobil habis terbakar adalah membawa Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun, tak sedikit yang paham bagaimana cara merawat peranti tersebut.

Padahal, APAR perlu dirawat agar sewaktu-waktu ingin digunakan, tetap dapat bekerja dengan maksimal. Pemilik mobil disarankan untuk mengecek kondisi fisik APAR secara langsung, apakah terdapat kebocoran atau tidak.

APAR yang mengalami kebocoran dapat terlihat dengan menurunnya jarum indikator tekanan udara (pressure gauge) yang terdapat pada bagian atas tabung APAR.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas (Kasi Ops Sudin) Pemadam kebakaran (Damkar) Jakarta Selatan Sugeng, mengatakan, APAR memiliki masa kedaluwarsa dan perlu diganti isinya.

"Idealnya satu tahun sekali diisi ulang," ujar Sugeng, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sugeng menambahkan, APAR bisa bertahan hingga tiga tahun jika disimpan di tempat yang kering.

Simpan APAR di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. APAR bisa disimpan di bawah jok depan atau di bagasi belakang.

Selain mengecek masa kedaluwarsanya, disarankan untuk mengocok tabung APAR tiga hari sekali. Tujuannya agar isi pada APAR tak mengeras.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/14/194100115/cara-benar-merawat-apar-ingat-kedaluwarsanya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.